Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Fiji tingkatkan kerjasama pertahanan dengan Indonesia
  • Senin, 07 November 2016 — 11:56
  • 497x views

Fiji tingkatkan kerjasama pertahanan dengan Indonesia

Fiji dan Indonesia memperkuat kerjasama pertahanan khususnya pencegahan terhadap terorisme dan peningkatan kapasitas pasukan penjaga perdamaian dunia.
Caption: Menteri Pertahanan Fiji, Ratu Inoke Kubuabola (kiri) bersama Panglima TNI, Gatot Nurmantyo. –Fiji Department of Information via RNZI.
RNZI
Editor : Lina Nursanty

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Suva, Jubi – Fiji dan Indonesia memperkuat kerjasama pertahanan khususnya pencegahan terhadap terorisme dan peningkatan kapasitas pasukan penjaga perdamaian dunia. Pengikatan kerjasama itu dilakukan saat kunjungan Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu dan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo ke Suva, Fiji pada Sabtu, (5/11/2016).

Ryacudu disambut Menteri Pertahanan Fiji, Ratu Inoke Kubuabola. Mereka melanjutkan perbincangan tentang kerjasama pertahanan yang sudah mereka lakukan satu pekan sebelumnya di Jakarta. Dengan demikian, kunjungan balasan dari Ryacudu tergolong cepat dalam mempercepat kerjasama pertahanan di antara kedua negara.

Media setempat, Fiji Times melaporkan bahwa Fiji sangat tertarik mendapat pelatihan dari Tentara Nasional Indonesia untuk meningkatkan kapasitas angkatan bersenjatanya di kedua area yang dikerjasamakan. Selain itu, mereka juga menyepakati dilakukannya kerjasama berupa latihan gabungan antara pasukan Indonesia dan Fiji.

Ratu Inoke mengatakan bahwa kedua pihak telah sepakat untuk menandatangani nota kesepahaman kerjasama pertahanan ini paling lambat pada triwulan pertama tahun 2017.

Sementara, kantor berita Antara melaporkan bahwa Jenderal Ryacudu memberikan sinyal akan ada kerjasama intelejen dengan Fiji, selain tawaran kerjasama sistem persenjataan yang diajukan Indonesia. Sistem persenjataan yang dimaksud termasuk alat senjata dan perkapalan.

Ratu Inoke berada di Jakarta pekan lalu selain menemui pejabat tinggi pertahanan di Indonesia juga untuk menghadiri pameran industri pertahanan. Saat itu, Ratu Inoke meneken kerjasama dengan Polri untuk menggelar pelatihan bersama dan bentuk-bentuk kerjasama lainnya.

Fiji dan Indonesia telah menjalin kerjasama bilateral selama lebih dari 40 tahun. Kerjasama bidang kepolisian antara Polri dan kepolisian Fiji telah diteken melalui sebuah nota kesepahaman pada tahun 2011.

Lima tahun setelah penandatanganan tersebut, kerjasama antara keduanya terus meluas, termasuk di bidang senjata, intelejen, dan pertahanan. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Association 193 tolak batu koral tercemar nuklir

Selanjutnya

Kepulauan Solomon sepakati ubah sistem pemerintahan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe