Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Pejabat RI-PNG bertemu di Port Moresby, 18 agenda dibahas
  • Senin, 07 November 2016 — 13:16
  • 1078x views

Pejabat RI-PNG bertemu di Port Moresby, 18 agenda dibahas

"Saya yakin dengan semangat saling menghormati dan saling menghargai serta hubungan kerja sama yang baik akan menghasilkan kesepakatan yang bermanfaat bagi kedua negara," kata Ketua Delegasi RI Klemen Tinal.
Aparat keamanan Indonesia dan PNG berkoordinasi di perbatasan - Dok. Jubi
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi - Pertemuan antarpejabat perbatasan, Border Laision Meting (BLM), antara RI-Papua Nugini, Senin (7/11/2016), berlangsung di Port Moresby, Ibu Kota Papua Nugini.

BLM yang dilaksanakan setiap tahun secara bergantian antarkedua negara itu diikuti sekitar 75 delegasi dari RI maupun PNG.

Ketua Delegasi RI yang juga Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal dalam sambutan pembukaannya, mengatakan forum bilateral setingkat BLM penting sebagai sarana saling tukar menukar informasi, mendiskusikan isu-isu dan berbagai permasalahan serta rencana pembangunan di sepanjang kawasan perbatasan RI-PNG.

Hasilnya, katanya, dapat dimanfaatkan dalam pengelolaan kawasan perbatasan dan penanganan serta kegiatan lintas batas antarkedua negara yang dilakukan penduduk di sepanjang perbatasan.

"Perlu memadukan pola pikir dan pola tindak yang sinergis serta serius agar langkah penanganan perbatasan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat perbatasan kedua negara," kata Klemen Tinal.

Ketua Delegasi RI itu, juga mengatakan Presiden RI Joko Widodo saat ini konsen terhadap Asia Pasifik dan berharap Indonesia dapat berperan penting dalam kawasan itu.

Oleh karena itu, diharapkan agenda yang telah disepakati, dibahas secara serius dalam pertemuan itu, dapat ditindaklanjuti dalam program dan kegiatan pembangunan di kawasan perbatasan.

"Saya yakin dengan semangat saling menghormati dan saling menghargai serta hubungan kerja sama yang baik akan menghasilkan kesepakatan yang bermanfaat bagi kedua negara," kata Ketua Delegasi RI Klemen Tinal.

Gubernur Port Moresby Power Parkop dalam sambutan sebelumnya mengatakan sebagai tetangga yang baik, pihaknya harus membangun hubungan yang baik dengan Indonesia.

"Pertukaran informasi antarkedua negara harus berjalan dengan baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

BLM RI-PNG yang berlangsung setiap tahun secara bergantian antara RI dan PNG itu akan berlangsung 7-8 Nopember diikuti utusan dari Pemprov Papua, bupati dan walikota yang wilayahnya berbatasan dengan PNG serta dari kementerian terkait.

Pertemuan antarpejabat perbatasan RI-PNG akan berlangsung hingga Selasa (8/11) dihadiri dua dari lima bupati dan wali kota di Papua yang wilayahnya berbatasan langsung dengan PNG, yaitu Bupati Pegunungan Bintang Constan Oktemka dan Bupati Merauke Fredy Gebse.

18 agenda dibahas

Sebanyak 18 agenda dijadwalkan dibahas dalam pertemuan antar pejabat perbatasan RI-Papua Nugini (PNG), Border Liaison Meting yang berlangsung di Port Moresby.

18 agenda itu masuk dalam tujuh bidang diantaranya pembangunan infrastruktur diperbatasan, pengaturan administratif perbatasan dan kerja sama bea cukai dan karantina.

Untuk pengaturan administratif perbatasan yang menjadi agenda adalah revisi pengaturan khusus tentang pelintas batas tradisional yang berlaku sejak 1993.

"Selain itu kerja sama SAR dan pengelolaan bencana alam, kerja sama perdangan dan investasi, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan perikanan. Khusus untuk pelintas batas tradisional sudah saatnya direvisi mengingat perkembangannya yang luar biasa," kata Suzana Wanggai, Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri Pemprov Papua. (*)

loading...

Sebelumnya

Vihara Arya Dharma berhasil sumbangkan 113 kantong darah

Selanjutnya

PNG berencana buka penerbangan Mounth Hagen - Jayapura

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe