Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Sulawesi
  3. Makassar bersiap bangun PLTSA
  • Senin, 07 November 2016 — 13:41
  • 1619x views

Makassar bersiap bangun PLTSA

Kota Makassar termasuk dari enam kota yang akan membangun pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa).
Wali Kota Makassar, Danny Pomanto. --tempo.co
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Lina Nursanty

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Makassar, Jubi – Kota Makassar termasuk dari enam kota yang akan membangun pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa). Bersama lima kepala daerah lainnya, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto kembali diundang ke Jakarta untuk menghadiri rapat koordinasi terkait dengan perkembangan percepatan pembangunan PLTSa tersebut.

"Rapat koordinasi kembali digelar hari ini dan rapatnya dilaksanakan di Ruang Seskab (Sekretariat Kabinet) bersama para wali kota dan gubernur lainnya," ujarnya di Makassar sebelum berangkat ke Jakarta, Senin (7/11/2016).

Danny Pomanto mengatakan, rapat koordinasi percepatan pembangunan itu dilakukan bersama Wali Kota Surabaya, Bandung, Semarang, Tangerang dan Solo.
Koordinasi pembangunan, kata dia, terus dilakukan karena pembangunannya sudah akan digelar termasuk kesiapan pemerintah daerah dalam penyiapan lahannya.

"Rapat kabinet terbatas bersama Presiden Jokowi untuk koordinasi PLTSa sudah sering dilakukan dan pembangunan PLTSa ini salah satu prioritas oleh pemerintah pusat," katanya.

Danny menyebutkan jika di Makassar, untuk kebutuhan PLTSa diperlukan lahan seluas 10 hektare (Ha) dari kebutuhan lahan yang ada. Sedangkan Pemkot Makassar sendiri telah membebaskan lahan seluas 2,5 Ha. "Kita di Makassar itu butuh lahan sekitar 10 hektare dan sekarang sudah dibebaskan 2,5 hektarenya. Selanjutnya akan dilakukan bertahap lagi," jelasnya.

Ia mengaku, sejak digulirkannya wacana pembangunan PLTSa pada akhir tahun lalu, hingga kini 58 investor dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jerman, Korea, Polandia, dan Cina telah mengajukan proposal dan melakukan pemaparan secara transparan sebagai bahan pertimbangan untuk ikut tender di Makassar.

Pada Oktober tahun ini, lanjut Danny, Pemkot Makassar akan menggelar tender investasi bagi pembangunan PLTSa dan di bulan Desember telah ada pemenang tender yang dapat segera melakukan survei lokasi. "Teknologi yang ditawarkan tiap investor berbeda-beda. Jadinya kita membuka tender investasi dan nanti dilihat siapa pemenangnya," jelas Danny.  (*)

 

 

loading...

Sebelumnya

Donggala kekurangan infrastruktur

Selanjutnya

Tim penyelamat masih mencari korban air bah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe