Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Otonomi
  3. Pemprov Papua musnahkan ribuan botol minol
  • Selasa, 08 November 2016 — 06:25
  • 874x views

Pemprov Papua musnahkan ribuan botol minol

"Memang semua kabupaten belum maksmal jalankan peraturan ini, karena revisi perdanya baru beberapa waktu lalu dan kami akan implementasikan. Sekarang tinggal peran dari bupati dan wali kota untuk mencabut izin usaha minol," katanya.
Pemusnahan 4.170 botol/kaleng minuman beralkohol hasil sitaan tim gabungan pemerintah provinsi Papua - Jubi/Alexander Loen
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memusnahkan 4.170 botol/kaleng minuman beralkohol (minol) hasil sitaan tim gabungan dibeberapa distributor, agen dan tempat hiburan malam yang ada di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Pemusnahan minol dilakukan di halaman Kantor Gubernur Papua dan disaksikan langsung oleh pihak kepolisian, Satpol PP, Kejaksaan dan beberapa instansi pemerintahan.

Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, di Jayapura, Senin (7/11/2016) mengatakan Pemerintah Provinsi Papua punya referensi hukum yang jelas, dimana peraturan daerah sudah ditetapkan DPRP. Disamping itu juga sudah ada kesepakatan bersama seluruh Forkopimda provinsi, kabupaten dan kota untuk basmi minol di atas tanah ini.

"Memang semua kabupaten belum maksmal jalankan peraturan ini, karena revisi perdanya baru beberapa waktu lalu dan kami akan implementasikan. Sekarang tinggal peran dari bupati dan wali kota untuk mencabut izin usaha minol," katanya.

Ia tekankan, hadirnya peraturan daerah yang melarang pendistribusian dan penjualan minol merupakan kebijakan Gubernur Papua Lukas Enembe bukan atas nama pribadi.

"Untuk itu hari ini sebagian tugas sudah kami lakukan dengan membasmi sampel sampel minol, dan kedepan akan dibasmi semua minuman keras di atas tanah ini," ucapnya.

Agar berjalan maksimal, ujar Hery, pemerintah provinsi telah menugaskan tim gabungan untuk turun ke setiap kabupaten/kota, guna menyelamatkan manusia yang hidup di atas tanah Papua.

Disamping itu, narkoba juga menjadi perhatian pemerintah provinsi, dimana Kapolda sudah mengambil langkah langkah kongkrit untuk berantas ini. Selain itu, akan ada pembentukan tim khusus yang akan ditempatkan di Bandara maupun pelabuhan.

"Tim ini nantinya akan memeriksa setiap penumpang yang masuk ke Papua, dan ini akan dimulai dari Kabupaten Jayapura. Pasalnya sudah banyak laporan barang haram ini masuk lewat Bandara," kata Hery.

Menanggapi itu, dirinya mengajak semua pihak untuk mendukung kebijakan ini degan bersama sama menjaga kelangsungan hidup manusia di atas tanah ini.

"Jangan sampai hanya gara gara minol kita di obrak abrik oleh kepentingan yang tidak jelas," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Papua, Alex Korwa menjelaskan, sampel minuman beralkohol yang dimusnahkan sebanyak 4.170 botol/kaleng, terdiri dari 581 botol dari distributor, 2.668 botol dari penjual, dan 921 botol dari tempat hiburan malam.

"Pemusnahan dilakukan dengan cara dirusak dari kemasan dengan menggunakan wals/mesin giling silinder," kata Korwa.

Ia menekankan, pemerintah provinsi Papua melalui Satuan Polisi Pamong Praja akan membuat wilayah Papua mennjadi bebas dari minuman keras sesuai peraturan yang berlaku, menciptakan kenyamanan, ketertiban, dan rasa aman tanpa ada gangguan akibat reaksi dari minuman beralkohol yang dikonsumsi.

"Kami akan terus melakukan penertiban/penegakan operasi minol di beberapa titik di wilayah Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura," tutupnya. (*)

loading...

Sebelumnya

30 persen ASN mangkir saat apel gabungan

Selanjutnya

Pemprov Papua MoU e-Government

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe