Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Dunia
  3. ASEAN selalu jadi partner strategis China
  • Rabu, 11 April 2018 — 11:28
  • 502x views

ASEAN selalu jadi partner strategis China

Kedua pihak juga mendapat keuntungan dari pranata perdagangan yang terbuka dan bebas.
Ilustrasi bendera negara negara anggota ASEAN. Wikimedia.Commons.org (Creative Commons)/Jubi
ANTARA
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jakarta, Jubi - Duta Besar China untuk ASEAN Huang Xilian menilai bahwa ASEAN akan selalu menjadi partner strategis untuk mengembangkan berbagai macam hal yang dapat memberikan kesejahteraan bersama dan saling menguntungkan.

"China akan terus melihat ASEAN dengan prioritas tinggi dan bekerja untuk mendongkrak kerja sama strategis," ujar Dubes Huang dalam seminar peringatan 15 tahun Kerja Sama China-ASEAN di Jakarta, Senin, (9/4/2018).

Menurut Dubes Huang, kerja sama China-ASEAN merupakan sebuah perjalanan kerja sama yang memberikan keuntungan bagi kedua pihak, salah satunya melalui pengukuhan perjanjian perdagangan pada tahun 2010 yang menjadi pendorong terbesar pada hubungan ekonomi.

Ia memaparkan, melalui perjanjian tersebut nilai perdagangan kedua pihak melonjak dari Rp759 triliun menjadi sekitar Rp7.000 triliun pada tahun 2017, atau meningkat hampir 10 kali lipat dalam jangka waktu 15 tahun.

Selain itu, total nilai investasi langsung dua arah mencapai Rp2.700 triliun secara keseluruhan, belum lagi ditambah dengan jumlah kunjungan pada tahun 2017 yang mencapai 49 juta orang dan pertukaran pelajar yang mencapai 200 ribu orang.

"China menjadi mitra perdagangan terbesar dalam sembilan tahun terakhir, dan ASEAN menjadi yang ketiga di China tujuh tahun berturut-turut. Model kerja sama yang saling menguntungkan kini sudah mulai terlihat," katanya menambahkan.

Kedua pihak juga mendapat keuntungan dari pranata perdagangan yang terbuka dan bebas.

Pasca deklarasi bersama antara ASEAN dan China dalam kerja sama strategis yang ditandatangani pada pertemuan tingkat tinggi ke-7 ASEAN-China pada Oktober 2003 di Bali, kedua pihak melanjutkan hubungan dengan peningkatan dalam sejumlah bidang seperti politik dan keamanan, anti-korupsi, penanganan bencana, hingga bidang kesehatan dan perlindungan lingkungan.

Dalam peringatan 15 tahun kerja sama strategis ini, kedua pihak juga sepakat untuk terus bekerja keras demi kesejahteraan kawasan melalui visi rekanan yang strategis.(*)

 


 


 


 

loading...

Sebelumnya

Korupsi, mantan presiden Korsel divonis penjara 24 tahun

Selanjutnya

Parinah pulang, usai disekap 18 tahun di Inggris

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe