Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Bupati: Sertifikat adalah legalitas kepemilikan tanah
  • Kamis, 12 April 2018 — 15:25
  • 932x views

Bupati: Sertifikat adalah legalitas kepemilikan tanah

“Kepemilikan tanah kalau tidak dibuktikan dengan adanya sertifikat akan sangat menyulitkan semua orang untuk melakukan transaksi, tetapi secara khusus legalitas kepemilikan,” ujarnya.
Bupati Jayapura saat berdiskusi dengan Menteri BPN RI usai pertemuan di kantor Badan Pertanahan Kabupaten Jayapura - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura Mathius Awoituaw mengatakan pemerintah daerah harus mensosialisasikan kepada masyarakat adat, baik komunal maupun pribadi, bahwa masyarakat adat harus mengelola kepemilikan tanahnya di atas dasar hukum yang jelas melalui sertifikat.

Hal itu disampaikan Bupati Awoitauw di Sentani,Kamis (12/4/2018). Dikatakan, tidak mudah mengurus persoalan sengketa tanah di daerah ini. Untuk menyelesaikannya harus dengan pendekatan sosial dengan masyarakat pemilik hak ulayat.

“Kepemilikan tanah kalau tidak dibuktikan dengan adanya sertifikat akan sangat menyulitkan semua orang untuk melakukan transaksi, tetapi secara khusus legalitas kepemilikan,” ujarnya.

Kepala Distrik Sentani Timur, Steven Ohee, mengatakan tidak ada persoalan yang tidak dapat diselesaikan ketika semua mau berbicara dengan cara-cara santun.

“Memang pemberian sertifikat kali ini tanpa ada alas hak, artinya pelepasan dari adat. Tetapi di kemudian hari jika ada persoalan maka dapat diselesaikan juga dengan cara-cara yang santun. Karena sertifikat yang diperoleh ini sangat penting sebagai dasar hak kepemilikan,” ungkapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Pasar Pharaa Sentani siap diresmikan Presiden Jokowi

Selanjutnya

Bupati Jayapura berikan materi di kegiatan PMKRI

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe