Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Ekonomi
  3. Inflasi Kota Jayapura bulan April diperkirakan turun
  • Kamis, 12 April 2018 — 19:10
  • 949x views

Inflasi Kota Jayapura bulan April diperkirakan turun

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Fauzan, mengungkapkan beberapa faktor yang berpotensi memicu inflasi di bulan April 2018 mendatang. “Penyesuaian tarif bahan bakar minyak, rencana peningkatan harga pokok produksi gula petani, dan ketidakpastian cuaca di Papua," ujarnya kepada wartawan, Rabu (11/4/2018). 
Rapat TPID Kota Jayapura - Jubi/Sindung 
Sindung Sukoco
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Meski  bulan Maret 2018 tekanan harga barang dan jasa di Provinsi Papua mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya, Provinsi Papua tercatat mengalami inflasi sebesar 1,58 persen (mtm) lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang mengalami inflasi sebesar 1,01 persen (mtm). 

Sementara itu, secara tahunan inflasi Papua pada bulan Maret 2018 sebesar 3,16 persen (yoy) lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang sebesar 2,62 persen (yoy) dan lebih rendah dari inflasi rata-rata dua tahun terakhir yang sebesar 3,53 persen (yoy).

Mencermati perkembangan informasi terkini dan beberapa indikator harga pada bulan April 2018 inflasi diperkirakan lebih rendah dari bulan Maret 2018. 

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Fauzan, mengungkapkan beberapa faktor yang berpotensi memicu inflasi di bulan April 2018 mendatang.

“Penyesuaian tarif bahan bakar minyak, rencana peningkatan harga pokok produksi gula petani, dan ketidakpastian cuaca di Papua," ujarnya kepada wartawan, Rabu (11/4/2018). 

"Masyarakat tak perlu panik, syok dekati bulan puasa dan idul Fitri aman," katanya.

Di sisi lain, Fauzan menambahkan salah satu faktor yang menjadi peredam inflasi pada bulan April 2018 adalah terjaganya ekspektasi masyarakat terhadap perubahan harga barang dan jasa.

Menurutnya, inflasi yang terjadi di Papua pada bulan Maret 2018 terutama disebabkan oleh peningkatan harga kelompok komoditas volatile food dan kelompok inti. Sementara itu, kelompok komoditas administered prices mengalami deflasi.

"Secara spasial perkembangan harga di dua wilayah yang menjadi lokasi survei inflasi di Papua yaitu Kota Jayapura dan Kabupaten Merauke mengalami inflasi yang searah. Kota Jayapura mengalami inflasi sebesar 2,10 persen (mtm) sedangkan Kabupaten Merauke mengalami inflasi sebesar 0,11 persen (mtm)," katanya.

Dalam release pers, Rabu (11/4/2018), BPS Papua melalui Kabid Statistik BPSB Papua, Bambang Ponco Aji, mengatakan secara disagregasi inflasi, penyumbang inflasi kelompok volatile food terbesar di Jayapura adalah komoditas ekor kuning, cakalang, dan cabai rawit dengan sumbangan masing-masing sebesar 1,41 persen (mtm), 0,41 persen (mtm), dan 0,22 persen (mtm).

"Peningkatan harga komoditas ikan disebabkan oleh tingginya gelombang di perairan laut Papua sehingga produksi tangkapan ikan menurun akibat nelayan jarang melaut. Pada komoditas hortikultura, peningkatan harga sebagian besar disebabkan oleh curah hujan yang tinggi sehingga menggangu beberapa lahan pertanian dan menyebabkan panen tidak optimal.  Sementara itu komoditas penyumbang deflasi di Kota Jayapura adalah apel, sawi hijau, dan jeruk dengan sumbangan masing-masing sebesar -0,018 persen (mtm), -0,018 persen (mtm), dan 0,017 persen (mtm)," katanya. (*) 

loading...

Sebelumnya

Tercyduk, dua wajib pajak jadi target gijzeling

Selanjutnya

Sertifikat ala Jokowi, Kere: OAP harus diberi kemudahan pinjam di bank

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe