Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. UN berbasis kertas dan pensil lebih lancar
  • Jumat, 13 April 2018 — 14:49
  • 893x views

UN berbasis kertas dan pensil lebih lancar

Di tengah minimnya sarana pendukung, kami tetap mengeglar ujian nasional berbasis kertas dan pensil,
Penyerahan hasil UN dari Kepsek SMA Anugerah, Nataniel Esanggoet didampingi Kepsek SMA Ninia, Musa Husage, kepada pengawas Kabupaten, Yeri Esema-Piter. Jubi/Piter Lokon.
Piter Lokon
Editor : Edi Faisol

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Yahukimo, Jubi – Ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) di Papua, tercatat lebih lancar dibanding menggunakan komputer. Hal itu dibuktikan Kabupaten Yahukimo sebagai salah satu kabupaten di Papua yang hanya mampu menggelar ujian tanpa bingung oleh kebutuhan perangkat komputer dan layanan internet.

“Di tengah minimnya sarana pendukung kami tetap mengeglar ujian nasional berbasis kertas dan pensil,” kata, kepala SMA Negeri Ninia, Musa Husage, di Dekai, Kamis (12/4/2018).

Ia mengaku UNKP tahun ajaran 2017-2018 bisa berjalan baik, aman dan terkendali karena didukung semua stake holder, yang menjalankan tugas dan tanggung jawab  masing-masing. “Baik para guru, pengawas kabupaten bahkan pengawas Provinsi Papua.” Musa menambahkan.

Menurut Musa, sekolah yang ia kelola maupun sekolah lain di Yahukimo sengja tak mengelar UNBK karena memang tak punya saarana pendukung. Tercatat siswa SMA Negeri Ninia yang diujiankan merupakan sekolah baru yang mampu menggelar ujian untuk angkatan ke tiga.

Hal yang sama juga dirasakan SMA Anugerah yang menggelar ujian kertas dan pensil untuk angkatan pertama. Tercatat SMA Ninia terdiri dua Program jurusan IPA dan IPS dengan jumlah peserta 73 siswa, sedangkan SMA Anugerah dari Program IPS  terdiri dari 17 siswa.

“Dalam pelaksanaan ini tidak ada kendala apa pun, semua berjalan lancar dan selesai dengan baik, maka sebagai panitia Subrayon disampaikan terima kasih.” kata Musa menambahkan.

Meski sukses menghadapi ujian, Musa mengaku masih ada hambatan saat penerimaan siswa baru pada tahun ajaran mendatang, karena ruang kelas dan sarana lain belum memadai. Ia menyebutkan keberadaan gedung sebagai ruang kelas kurang.

“Jumlah siswanya juga banyak yang mau masuk, tetapi kurangnya gedung sehingga kami batasi. Itu juga sama yang kami rasakan karena tidak bisa laksanakan ujin UNBK oleh minimnya sarana pedukung seperti gedung laboratorium dan komputer,” kata Musa menjelaskan.

Ia mengharapkan Pemerintah  Provinsi Papua maupun Kabupaten Yahukimo memperhatikan kesulitan yang dialami lembaga pendidikan yang ia kelola. Termasuk sejumlah program yang diusulkan dari sekolah kepada pemerintah.

Pengawas Provinsi dari  guru dan tenaga pendidikan (TPK), Pietri Reubun, mengapresiasi seluruh siswa SMA di Yahukimo yang ikut ujian nasional sejak dimulai hingga selesainya.

“Semua ujian berjalan aman dan lancar, panitia juga bekerja dengan baik dan sebagai pengawas provinsi dilayani dengan baik,” kata  Pietri Reubun.

Sebenarnya ia mengharap sekolah SMA dan SMK di Yahukimo melangkah ke UNBK. Namun sebagai daerah pedalaman, diakui kawasan itu banyak kendala seperti komputer yang  terbatas dan jaringana internet.  “Jika dipaksakan UNBK justru akan mengganggu penyelenggaraan ujian,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

UNBK di Sentani berjalan lancar meski jaringan internet kacau

Selanjutnya

Ini pesan SMAN Ninia ke siswanya usai ujian nasional

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe