Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Saireri
  3. Sering byar pet, ini jawaban PLN Nabire
  • Selasa, 17 April 2018 — 13:12
  • 631x views

Sering byar pet, ini jawaban PLN Nabire

Perusahaan layanan listrik plat merah itu mengaku pemadamnya listrik beberapa waktu terakhir akibat faktor alam.
Manager PLN Ranting Nabire, Mutakin di ruang kerjanya. Senin (16/04/2018) – Jubi/Titus Ruban
Titus Ruban
Editor : Edi Faisol
LipSus
Features |
Senin, 23 April 2018 | 13:37 WP
Features |
Selasa, 17 April 2018 | 13:24 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Nabire, Jubi – Layanan daya listrik oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Nabire diakui masih belum normal. Tercatat selama bulan April ini sudah tujuh kali aliran listrik di beberapa jalur di Nabire mengalami pemadaman. Perusahaan layanan listrik plat merah itu mengaku pemadamnya listrik beberapa waktu terakhir akibat faktor alam.

“Biasanya ada ular yang masuk ke gardu, kelelawar yang tersangkut di kabel yang memang tidak disengaja,”  ujar Kepala PLN Ranting Nabire, Mutakin kepada Jubi di Nabire, Senin (14/04/2018)

Sedangkan pemadaman yang terjadi adanya pemeliharaan jaringan menuju pelayanan yang lebih baik lagi, “Misalnya penambahan peralatan, ada pembenahan. dan ada pekerjaan yang sementara sedang dilakukan,” kata Mutakin, menambahkan.

Menurut dia, jika ada pekerjaan atau pemasangan maka butuh pemadaman, termasuk jika ada perubahan konstruksi gardu. Ia mencontohkan dalam satu jalur, misalkan jalur Sama Busa ada pekerjaan, otomatis bukan di daerah setempat saja yang padam, namun hingga ke Lagari yang satu jalur.

Ini berbeda jika ada pekerjan di dalam kota yang dilakukan PLN maka bisa manuver untuk menghindari pemadaman. Termasuk ia akui kejadian pemadaman cukup lama karena alat berat di daerah SP yang sedang kerja dan tidak memperhatikan jika ada kabel PLN.

"Akibatnya putus dan meledak lalu tembus sampai ke PLTMG,” kata Mutakin menjelaskan.

Akibat insiden itu ada sejumlah alat yang ikut jebol, namun masih beruntung ada cadangan meski proses penggantiannya membutuhkan waktu yang lama. Mutakin mengaku layanan yang diberikan sangat safety  karena jika ada kejadian gangguan ada kabel strip yang langsung ke mesin proteksi sehingga mudah dikontrol.

“Yang kami hadapi saat ini meski sudah ada pembangkit baru yang sudah diresmikan Presiden, namun jarigannya sudah lama dan tua dan sedang sedang diupayakan pergantian,” katanya.

Supervesor Teknik Jaringan PLN Nabire, Paulus Yanes Lalaon, mengatakan saat ini sedang penggantian material atau jaringan rusak dan sudah lama. Selain itu juga pemeliharaan rutin selalu dilakukan untuk mengimbangi mesin baru.

“Listrik kita ini masih pakai jaringan lama, ini yang harus kita benahi. Termasuk kabel yang lama kita ganti dan lainnya,”  ujar Yanes Lalaon.

Menurut dia, PLN sengaja menunda perawatan jalur aliran daya listrik yang melayani akses ke sekolah saat ujian nasional pada pekan lalu. “Bila ada sekolah yang ujian, kami tidak akan melakukan perbaikan pada jalur ini. Kita cari jalur lain,” katanya.(*)

loading...

Sebelumnya

Bank Papua Nabire diharapkan meningkatkan pelayanan

Selanjutnya

Guru sekolah menengah Nabire kembali mogok kerja

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe