Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Seni & Budaya
  3. Komisi IV DPRD Balikpapan tertarik budaya Papua
  • Kamis, 19 April 2018 — 19:01
  • 670x views

Komisi IV DPRD Balikpapan tertarik budaya Papua

“Ada beberapa hal yang kami adopsi khususnya kearifan lokal atau olahraga rekreasi misalnya dayung, memanah, patah kaleng, tangkap ikan dan lainnya,” katanya usai pertemuan di DPR Papua, Kamis (19/4/2018).
Pertemuan Komisi IV DPRD Kota Balikpapan dengan DPR Papua, Kamis (19/4/2018) - Jubi/Arjuna.
Arjuna Pademme
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Komisi IV DPRD Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang membidangi olahraga menyatakan tertarik dengan budaya dan olahraga Papua yang biasanya diperlombakan dalam ajang festival budaya atau hari besar.

 Ketua Komisi IV DPRD Kota Balikpapan, Nike Heni yang memimpin rombongan komisinya bertemu dengan Wakil Ketua II DPR Papua, Farinando Yansen Tinal bersama beberapa anggota parlemen Papua mengatakan, kunjungan pihaknya untuk menggali berbagai budaya dan olahraga tradisional Papua.

Kata Nike, pihaknya berkonsultasi ke DPR Papua karena Papua memiliki budaya dan suku asli, sehingga ada kearifan lokal yang dapat diadopsi pihaknya ke dalam Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), karena di Balikpapan tak ada suku asli. 

“Ada beberapa hal yang kami adopsi khususnya kearifan lokal atau olahraga rekreasi misalnya dayung, memanah, patah kaleng, tangkap ikan dan lainnya,” katanya usai pertemuan di DPR Papua, Kamis (19/4/2018).

Menurutnya, meski menangkap ikan, itu merupakan budaya suku di Papua, namun tidak menutup kemungkinan dapat digelar di Balikpapan, karena kota itu juga memiliki laut yang sama seperti Papua. Begitu juga olahraga tradisional atau tradisi memanah di Papua, dapat diadopsi. 

Ia mengatakan, pihaknya akan mensosialisasikan apa yang didapat di Papua sekembalinya ke Balikpapan, terutama tradisi memanah yang dianggap memiliki nilai edukasi, permainan dan lainnya.

“Namanya olahraga rekreasi, bagaimana supaya dapat menambah PAD kami. Besok kami akan memperdalam ini ke Dispora Papua agar ada sinergi antara kebijakan DPR dan implementasi dari eksekutif,” ucapnya.

Ketua Komisi V DPR Papua yang membidangi olahraga, Maria Dutiwau membenarkan jika Komisi IV DPRD Kota Balikpapan tertarik terhadap budaya dan olahraga tradisional Papua.

“Itu kan kebanyakan dilakukan pada peringatan hari besar, festival budaya, ulang tahun kabupaten dan lainnya. Kami berpikir mungkin ada di antara olahraga tradisional ini diangkat dan dibuat sebuah regulasi agar dapat dipertandingkan seperti olahraga lainnya,” ujar Maria Duwitau.(*)

loading...

Sebelumnya

Perayaan HUT Satpol PP dimeriahkan puluhan atraksi

Selanjutnya

Legislator: Bus Pemprov dapat mendatangkan PAD

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe