Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Berita Papua
  3. Penduduk Pengubin ancam pindah kewarganegaraan
  • Jumat, 20 April 2018 — 22:40
  • 4198x views

Penduduk Pengubin ancam pindah kewarganegaraan

Desakan ini disampaikan ribuan warga lewat pernyataan sikap yang dibacakan di hadapan Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, yang mengunjungi Oksibil, Ibukota kabupaten Pegubin, Jumat (20/3/2018) pagi.
Penjabat Gubernur Soedarmo saat menerima aspirasi dari perwailan masyarakat - istimewa
Alexander Loen
Editor : Edi Faisol
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Penduduk Kabupaten Pegunungan Bintang (Pengubin), Papua, mengancam akan berpindah kewarganegaraan dari Indonesia ke Papua Nugini, jika Pemerintah Provinsi Papua tidak segera menjawab aspirasi mereka.

Desakan ini disampaikan ribuan warga lewat pernyataan sikap yang dibacakan di hadapan Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, yang mengunjungi Oksibil, Ibukota kabupaten Pegubin, Jumat (20/3/2018) pagi.

"Jika tuntutan ini tidak diidahkan oleh Mendagri melalui Gubernur Provinsi Papua selama 3 kali  24 jam, maka masyarakat Pegunungan Bintang akan melumpuhkan aktivitas pemerintahan," kata juru bicara masyarakat, Kabupaten Pengubin, Kris Uropmabin, Jumat (20/3/2018) pagi.

Rakyat Pegubin melarang ASN  keluar dari daerahnya, Uropmabin juga mengancam akan boikot Pilkada Gubernur, dan Pileg Pilpres 2019.

Warga juga meminta agar Gubernur Papua untuk segera memberhentikan Bupati Constan Otemka dari jabatannya, karena dinilai bersikap otoriter dan tidak pro terhadap rakyat selama dua tahun kepemimpinannya.

“Selain itu, warga juga meminta agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera mengaudit keuangan pemerintah kabupaten Pengubin dari tahun 2016 hingga 2018,” kata Uropmabin, menambahkan.

Sikap yang sama juga disampaikan seorang warga lain, Spey Bidana, yang menyebutkan desakan pemberhentian bupati merupakan akumulasi dari berbagai permasalahan yang terjadi selama kepemimpinan Constan Otemka - Decky Deal

"Selama dua tahun masyarakat tidak merasakan pembangunan. Hal mendasar yang jadi koreksi masyarakat adalah kepemimpinan otoriter,” kata Bidana.

Menurut dia, selama ini kinerja tidak ada laporan pertanggung jawaban APBD kepada DPRD, bahkan pelayanan keuangan menggunakan sistem satu pintu serta pergantian pejabat eselon yang semaunya bupati,

"Tim sukses menjadi pengendali pemerintahan di kabupaten ini," ujar  kata Bidana yang sebelumnya menjabat Kepala Bappeda dan dilengserkan oleh Bupati Pegubin .

Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo, berjanji akan menindaklanjuti terlebih sejumlah kasus hukum yang telah dilaporkan dengan bukti surat pernyataan kesanggupan yang ditandangani.

"Pastinya sebagai Penjabat Gubernur apa yang sudah disampaikan ini akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan perundangan. Terutama yang menyangkut masalah hukum," kata Soedarmo.

Meskipun begitu, dirinya tetap meminta masyarakat sabar menghadapi masalah yang terjadi. "Ini bukti keseriusan kami (bersama Pangdam, Kapolda, Kajati) hadir disini untuk menyelesaikan masalah ini. Saya tidak main-main  tapi akan selesaikan," ujar Soedarmo menjelaskan.

Ia meminta seluruh pemangku kepentingan yang ada di Pengubin menjaga fasilitas umum yang telah dibangun oleh pemerintah. Soedarmo juga mengapresiasi masyarakat yang mampu menjaga keamanan selama penyampaian aspirasi, karena telah berjalan lancar dan tertib.

"Ini menunjukkan kalau masyarakat Pengubin penuh cinta kasih dan kedamaian," ucapnya.(*)

loading...

Sebelumnya

Ada kursi di terminal keberangkatan Bandara Sentani

Selanjutnya

Rakyat Pegubin ingin dugaan korupsi bupati Otemka diusut

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe