Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Kalimantan
  3. Ekspor sawit masih mendominasi
  • Rabu, 09 November 2016 — 12:05
  • 1720x views

Ekspor sawit masih mendominasi

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), Joko Supriyono, mengatakan CPO sawit hingga kini mendominasi ekspor Indonesia sehingga komoditas tersebut sangat strategis.
Ilustrasi. Petani kelapa sawit. --tempo.co
ANTARA
Editor : Lina Nursanty
LipSus
Features |
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 15:14 WP
Features |
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 15:38 WP
Features |
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 09:47 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Pontianak, Jubi - Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), Joko Supriyono, mengatakan CPO sawit hingga kini mendominasi ekspor Indonesia sehingga komoditas tersebut sangat strategis.

"Dengan peran sawit yang begitu besar sebagai penyumbang devisa negara, maka sawit yang berkelanjutan terus dijaga dan bersama menjadikan komoditas unggulan dalam ekspor," ujarnya saat menghadiri Muscab III Gapki Cabang Kalbar di Pontianak, Rabu (9/11/2016).

Joko menjelaskan meski nilai ekspor masih tertinggi, namun produktivas sawit di Indonesia turun akibat el nino. Ia menyampaikan saat ini penurunan produksi sekitar 15 persen dari sebelumnya.

"Produktivas menurun juga berdampak pada kinerja perusahaan yang ikut turun juga. Selain itu pendapatan negara juga akan turun. Inilah yang menjadi tantangan kita semua," tuturnya.

Hingga saat ini, kata Joko, tujuan ekspor Kalbar sudah mencapai lebih dari 50 negara. Negara India merupakan tujuan ekspor terbesar dari Indonesia. Selanjutnya negara terbesar lainnya yang menerima sawit Indonesia seperti Tiongkok, Bangladesh dan negara di Eropa.

"Akibat ekonomi global yang terganggu juga menjadi faktor permintaan negara tujuan ekspor kita menurun. Namun di sisi lain pasar domestik turut membantu kondisi yang ada sehingga agak terdongkrak," ujarnya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Angkutan udara dominasi mobilitas orang di Kalimantan

Selanjutnya

Ratusan rumah di Tabalong akan digusur

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe