Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. Lelang jabatan ASN di Pemkab Nduga harus profesional
  • Minggu, 22 April 2018 — 20:56
  • 463x views

Lelang jabatan ASN di Pemkab Nduga harus profesional

Gwijangge menambahkan posisi setara kepala dinas, Asisten I, dan Asisten II merupakan sebuah jabatan tinggi, sehingga yang pantas dan layak mengisi jabatan itu harus benar-benar ASN yang secara kepangkatan dan kinerjanya memenuhi syarat.
Wakil Ketua Komisi B DPRD Nduga, Ikabus Gwijangge – Jubi/Jean Bisay
Jean Bisay
Editor : Dewi Wulandari

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Pemerintah Kabupaten Nduga akan melakukan lelang jabatan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) setingkat eselon II buat mengisi posisi kepala dinas pada dua 12 organisasi perangkat daerah (OPD) di daerah tersebut.

Lelang jabatan tersebut menurut Wakil Ketua Komisi B DPRD Nduga, Ikabus Gwijangge, sebuah langkah tepat.

"Kami ingin memberi masukan kepada pemerintah, dalam hal ini bupati, agar dalam lelang jabatan ini betul-betul mengacu pada profesionalisme kerja ASN," kata Ikabus Gwijangge, kepada wartawan di Jayapura, Minggu (22/4/2018).

Ikabus menyebut dari 24 dinas, 12 diantaranya sudah terisi, sedangkan 12 sisa itulah yang akan diperebutkan lewat lelang jabatan.

Gwijangge yang juga politikus partai Golongan Karya (Golkar) menyatakan siapa pun pejabat yang ingin mengikuti tes atau seleksi lelang jabatan itu dipersilakan, asalkan mereka harus memiliki kriteria kepangkatan yang jelas.

"Ada 12 dinas yang akan dilakukan lelang jabatan, tentu ada kriteria-kriteria yang harus dipenuhi seorang ASN. Kami berharap seleksi ini bukan hanya sebuah formalitas belaka," tegasnya.

Gwijangge menambahkan posisi setara kepala dinas, Asisten I, dan Asisten II merupakan sebuah jabatan tinggi, sehingga yang pantas dan layak mengisi jabatan itu harus benar-benar ASN yang secara kepangkatan dan kinerjanya memenuhi syarat.

Saat ini, kata Gwijangge, ada peraturan buat ASN berlaku seluruh Indonesia yang diterapkan Kementerian Dalam Negeri, dalam hal lelang jabatan kepala dinas.

Pemerintah Kabupaten Nduga maupun tim yang ditunjuk melakukan lelang jabatan, haruslah tim yang independen dan profesional. Misalnya dari Uncen dan lain sebagainya.

"Pembangunan di kabupaten akan berjalan atau tidak, itu kembali kepada kinerja pimpinan OPD. Orang bekerja dalam sebuah sistem harus sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi), maka bupati harus memilih secara cermat dan tepat, orang-orang yang akan membantunya," ujarnya.

Terkait pejabat putra atau putri asli Nduga yang juga berkesempatan mengikuti leleng jabatan. menurut Gwijangge hal itu tidak jadi masalah asalkan secara kriteria seperti kepangkatan memenuhi syarat.

"Kita tidak asal pilih pejabat karena dia orang Nduga asli maka harus jadi kepala dinas, sedangkan secara kepangkatan masih jauh. Hal ini akan berdampak buruk dalam perjalanan pemerintahan ke depan," ujarnya.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, menegaskan semua kepala daerah tanpa terkecuali, wajib melaksanakan lelang jabatan tingkat eselon I dan II secara terbuka.

“Lelang jabatan wajib dilaksanakan oleh setiap kepala daerah, di seluruh Indonesia sejalan dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN),” katanya dalam suatu kesempatan.

Lelang jabatan ini untuk menjamin pejabat mendapatkan posisi sesuai dengan kompetensinya.

Pengisian posisi melalui lelang dikhususkan untuk pejabat setingkat eselon I dan II. Sedangkan, untuk jabatan eselon III dan IV, cukup menggunakan mekanisme yang sudah ada, melalui seleksi di Baperjakat. (*)

loading...

Sebelumnya

Pekan ketiga Mei 2018, perdamaian Mugi dan Werima berlangsung

Selanjutnya

Kepala kampung di Jayawijaya protes pengurangan dana desa

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe