Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Perempuan dan Anak
  3. Naomi Selan: Keluarga penyebab remaja Papua salah langkah
  • Senin, 23 April 2018 — 14:10
  • 1964x views

Naomi Selan: Keluarga penyebab remaja Papua salah langkah

“Orang tua tidak terbuka dan tidak memberi ruang. Akibatnya anak lebih mendengar temannya. Mencari pelarian dengan caranya sendiri,” terangnya.
Pdt. Naomi Selan yang selama ini mendampingi anak-anak yang hidup di jalanan di Kota Jayapura - Jubi/Arjuna.
Arjuna Pademme
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 18:26 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Pendeta Naomi Selan yang selama ini mendampingi anak-anak yang hidup di jalanan Kota Jayapura mengatakan, faktor utama kaum remaja Papua memilih hidup di jalan dan terjerat narkoba karena kondisi keluarga.

Menurutnya, kondisi keluarga yang tidak harmonis membuat para remaja mencari kenyamanan sendiri. Tidak hanya anak asli Papua, juga mereka yang berdarah campuran, dan non-Papua. 

Para remaja ini tidak hanya yang berasal dari kalangan keluarga ekonomi menengah ke bawah, ada juga diantaranya dengan latar belakang keluarga mapan.

“Hampir 90 persen diantaranya karena rumah tangga orang tuanya hancur. Orang tuanya punya pasangan lain,” katanya kepada Jubi, Senin (23/4/2018).

Ia mengatakan, memilih hidup di jalan atau menjadikan narkoba pelarian, sebagai bentuk pemberontakan para remaja ini kepada orang tuanya karena merasa tak nyaman dalam keluarga. 

Munculnya pengaruh lingkungan juga disebut karena faktor keluarga. Kurangnya komunikasi antara anak dan orang tua salah satu penyebabnya.

“Orang tua tidak terbuka dan tidak memberi ruang. Akibatnya anak lebih mendengar temannya. Mencari pelarian dengan caranya sendiri,” terangnya.

Katanya, jika ada masalah dalam keluarga, orangtua jangan mengorbankan anak, agar mereka tak memilih cara hidupnya sendiri. Anak harus di tempatkan pada posisi aman, bukan menjadi korban masalah orangtua. 

Ia menilai, faktor ekonomi dalam kasus ini kecil karena ada anak yang orang tuanya berpenghasilan pas-pasan tapi merasa nyaman karena hubungan dalam keluarga nyaman. 

Dikatakan, seharmonis apa pun sebuah keluarga, tak luput dari masalah. Namun orang tua harus bijak menyikapi itu. Tidak membuat anak merasakan ketidakadilan dalam rumah. 

Anak harus dibuat nyaman dalam rumah. Namun menjadikan anak sahabat dan membuat mereka nyamankan, serta selalu membangun komunikasi baik. 

“Kalaupun ada masalah, mereka tetap merasa nyaman, tidak tertekan. Ada di antara anak-anak saya orangtuanya mapan, tapi dalam rumah tidak nyaman sehingga mencari kenyamanan sendiri,” ujarnya.

Kepala Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Papua, AKBP Muhammad Safei mengatakan, dalam kurun waktu 2015-2018, sedikitnya 60-an remaja usia SD hingga SMA diamankan pihaknya, lantaran tersangkut narkoba.

Sebagian besar diantara mereka direhabilitasi. Beberapa lainnya diproses hukum karena menjadi pengedar narkotika jenis sabu. 

“Tahun lalu di Nimbokrang, Kabupaten Jayapura 22 orang anak SD diamankan. Karena rata-rata anak sekolah, kami tidak proses dan tidak diekspos. Kami melakukan perawatan (rehabilitasi),” katanya kepada Jubi. (*) 

loading...

Sebelumnya

Perdasi keagamaan, Akademisi: Baleg DPRP jangan salah langkah

Selanjutnya

Faktor biaya penyebab remaja pecandu narkoba gagal rehabilitasi

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe