Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Pemprov Papua siap berdialog dengan ULMWP dan KNPB
  • Kamis, 26 April 2018 — 12:03
  • 5221x views

Pemprov Papua siap berdialog dengan ULMWP dan KNPB

Soedarmo menyatakan dialog yang ditawarkan tak harus dilakukan secara formal.  
Rombongan Duta Besar Kepulauan Solomon foto bersama beberapa pimpinan SKPD provinsi Papua di lokasi pembangunan jembatan Hamadi-Holtekamp - jubi/ist
Alexander Loen
Editor : Edi Faisol
LipSus
Features |
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 15:14 WP
Features |
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 15:38 WP
Features |
Sabtu, 18 Agustus 2018 | 09:47 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Penjabat Gubernur Papua Soedarmo, menyatakan siap membuka diri berdialog dengan United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) dan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) maupun kelompok lain yang masih menyuarakan perjuangan Papua merdeka.

"Saya selaku penjabat gubernur siap berdialog. Tapi dialog atas dasar di bawah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan bagaimana kita membangunan Papua ke depan,” kata Soedarmo dalam siaran pers kepada Jubi, di Jayapura, Rabu (25/4/2018) malam.

Soedarmo menyatakan dialog yang ditawarkan tak harus dilakukan secara formal.  “Itu saya apresiasi. Dialog di cafe pun saya siap tidak perlu di kantor," kata Soedarmo menambahkan.

Ia menyatakan pemerintah tidak pernah melarang kritik, tetapi ia minta kritik yang benar. Soedarmo menegaskan pemerintah Indonesia selama ini tidak mengakui kelompok yang selalu memberikan informasi tidak benar kepada negara-negara di kawasan pasifik.

"Ya, itu kelompok seperti ULMWP dan KNPB, mereka kelompok yang hanya mengganggu stabilitas politik, kemanan, ekonomi yang ada di Papua," ujar Soedarmo menambahkan.

Terkait kunjungan Duta Besar Kepulauan Solomon HE Salana Kalu ke Papua, ia menjelaskan dilakukan setelah melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto di Jakarta, Senin (23/4/2018).

Atas informasi yang disampaikan oleh Pemerintah Indonesia inilah rombongan duta besar datang untuk melihat dari dekat apa yang dibangun pemerintah Indonesia di Papua.

"Selama dua hari di Jayapura, Duta besar dan rombongan puas dan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia atas perhatian yang sangat besar untuk pembangun di Papua," katanya.

Soedarmo menyatakan kondisi Papua sekarang terbuka untuk siapa pun. Bahkan pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia di 29 kabupaten dan kota berjalan dengan sangat baik. Namun ia menyebutkan selama ini informasi sering diselewengkan oleh kelompok-kelompok tertentu.

Sebelumnya United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) menyebutkan Delegasi Kepulauan Salomon Kunjungi West Papua pada 24 April 2018 sebagai diplomasi ilegal.

ULMWP  menyebut kunjungan ini tanpa kordinasi, sekali pun Rence Sore yang memimpin delegasi adalah utusan khusus pemerintah Salomon untuk urusan West Papua. 

"Kami tidak diberitahukan secara resmi oleh pemerintah Solomon atau oleh delegasi yang datang," ujar kepala kantor sekretariat Kordinasi ULMWP di West Papua, Markus Haluk kepada Jubi.

Haluk menilai kujungan itu bagian dari Skenario pemerintah Indonesian yang sedang menghancurkan persatuan rakyat dan dukungan pemerintah Solomon Islands yang selama ini bagian dari negara-negara Pasifik yang mendukung ULMWP untuk menentukan nasib sendiri bagi west Papua. (*).

loading...

Sebelumnya

Pemotong sapi betina produktif bakal dipidana

Selanjutnya

Kunjungan diplomat Kepulauan Solomon ke West Papua dikritik rakyatnya sendiri

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe