Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pilkada Papua
  3. KPU Paniai belum pastikan Paslon Pilkada
  • Senin, 07 Mei 2018 — 09:52
  • 2168x views

KPU Paniai belum pastikan Paslon Pilkada

Lembaga penyelenggara itu akan menggelar pertemuan dengan Bawaslu Papua, KPU Papua, Panwas Kabupaten Paniai, Polres Paniai dan Polda membahas kepastian calon.
Suasana pencabutan nomor urut Paslon kepala daerah Paniai beberapa waktu lalu – Jubi/Dok
Arjuna Pademme
Editor : Edi Faisol

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Komisioner KPU Paniai, Markus You, menyatakan lembaganya belum bisa memastikan jumlah pasangan calon (Paslon) yang akan mengikuti Pilkada di daerahnya pada 27 Juni 2018 mendatang. Lembaga penyelenggara itu akan menggelar pertemuan dengan Bawaslu Papua, KPU Papua, Panwas Kabupaten Paniai, Polres Paniai dan Polda membahas kepastian calon.

“Belum ada kepastian berapa jumlah Paslon, masih dikoordinasikan dengan pihak terkait, termasuk KPU RI,” kata Markus You, ketika dihubungi Jubi, Minggu (6/5/2018).

Meski belum dapat memastikan, namun You mengatakan telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Paniai yang jumlahnya mencapai 100 ribu lebih.

Komisioner KPU Papua, Tarwinto, mengatakan beberapa waktu sebelumnya KPU Paniai menetapkan lima paslon masing-masing Meki Nawipa-Oktopianus Gobai dan Hengky Kayame-Yeheskiel Tenouye, diusung partai politik (parpol).

Sedangkan tiga Paslon lain, Naftali Yogi-Marten Mote, Yunus Gobai-Markus Boma, dan Yehuda Gobai-Yan Tebai dari jalur perseorangan.

“Namun setelah penetapan dan pencabutan nomor urut, salah satu Paslon yang tak lolos menggugat ke Panwas, yang hasilnya Panwas merekomendasikan agar KPU membatalkan penetapan tiga paslon perseorangan,” kata Tarwinto.  

Tercatat sampai sekarang masih dua Paslon. Namun desain surat suara tetap lima, sedangkan yang digugurkan oleh Panwas dikosongkan.

Ia membenarkan beberapa waktu lalu ada pertemuan antara semua unsur di Kabupaten Paniai yang hasilnya disepakati meminta KPU dan Panwas mengakomodir enam paslon.

“Termasuk salah satu Paslon yang menggugat ke Panwas,” kata Tarwinto menjelaskan.

Menurut dia, kesepakatan itu merupakan pandangan masyarakat yang sekedar kesepakatan di atas kertas. Kesepakatan itu tidak ada landasan hukum sehingga tak bisa dieksekusi.

“Hingga kini KPU Paniai belum mengeluarkan surat keputusan untuk enam Paslon,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Tahun politik, kehadiran anggota DPRP minim

Selanjutnya

Jelang akhir Mei, KPU Papua gelar debat kedua paslon cagub

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe