Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Ketua Fraksi Golkar: Komisi I DPRP jangan dengar pengaduan sepihak
  • Selasa, 08 Mei 2018 — 18:17
  • 1128x views

Ketua Fraksi Golkar: Komisi I DPRP jangan dengar pengaduan sepihak

“Jangan hanya mendengar dari satu pihak dan membenarkan itu. Mestinya Komisi I juga mendapat dari pihak lainnya. Sebagai anak asli dan utusan dari masyarakat Pegubin yang sudah dua periode di DPR Papua, saya belum pernah melihat Komisi I ke daerah saya,” kata Mimin, Selasa (8/5/2018).
Ketua Fraksi Golkar DPR Papua, Ignasius W Mimin (kiri) bersama tokoh pemuda dan pemuda Pegubin – Jubi/ Arjuna Pademme.
Arjuna Pademme
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Ketua Fraksi Golkar DPR Papua (DPRP), Ignasius W Mimin mengingatkan Komisi I parlemen Papua tak hanya mendengar pengaduan sepihak terkait siatusi di Pegunungan Bintang (Pegubin), pasca pembakaran rumah bupati oleh masyarakat, 12 April 2018.

Hal ini dikatakan legislator dari daerah pemilihan Pegubin, Yahukimo dan Yalimo menanggapi pernyataan Komisi I DPR Papua bidang politik, pemerintahan, hukum dan HAM yang terkesan menyalahkan masyarakat dan pihak tertentu, pasca menerima pengaduan dari anggota DPRD Pegubin, Senin (7/5/2018).

“Jangan hanya mendengar dari satu pihak dan membenarkan itu. Mestinya Komisi I juga mendapat dari pihak lainnya. Sebagai anak asli dan utusan dari masyarakat Pegubin yang sudah dua periode di DPR Papua, saya belum pernah melihat Komisi I ke daerah saya,” kata Mimin, Selasa (8/5/2018).

Ia ingin Komisi I DPR Papua segera turun ke Pegubin mendengar langsung aspirasi masyarakat. Jangan memperkeruh suasana dengan pernyataan yang membuat masyarakat tak nyaman, karena kini pihaknya berupaya memediasi penyelesaian masalah di Pegubin, bersama berbagai pihak untuk mencari solusi.

“Jangan menambah masalah di daerah saya. Saat rapat bersama penjabat gubernur, ketua, wakil ketua I dan wakil ketua II DPRD Pegubin menandatangani pernyataan sikap menerima aspirasi masyarakat. Ketua Komisi I DPRP hadir. Tapi tidak bicara apa pun,” ucapnya.

Mimin menyayangkan lantaran sejak masalah Pegubin muncul, tak satu pun rekannya di dewan bersuara. Namun kini mulai muncul pernyataan-pernyataan yang dianggap tak menyejukkan suasana.

Ia mengingatkan Komisi I DPR Papua tak terkesan membela pihak yang berkuasa, karena masyarakat bukannya memusuhi pemerintahan Pegubin, tapi ingin sistem pemerintahan yang tak berpihak pada masyarakat diubah.

“Masalah di Pegubin tidak ada backingan politiknya. Penjabat gubernur, kapolda, pangdam, kajati dan jajarannya di Pegubin tahu penyebab masalah itu terjadi, dan kini mereka berupaya menyelesaikannya,” ujarnya.

Ketua Komisi I DPR Papua, Ruben Magai setelah bertemu beberapa anggota DPRD Pegubin sehari sebelumnya mengatakan, ada kelompok yang berupaya menguasai Pegubin dan menilai kepolisian gagal menangani masalah di sana, karena hingga kini pelaku pembakaran belum teridentifikasi.

Menurut dia, akibatnya ada pihak yang merasa benar dan bertindak  seakan melawan hukum, karena merasa terlindungi. Kondisi ini disebut membuat wilayah tak kondusif.

“Aktor di balik aksi itu harus diungkap karena negara ini adalah negara hukum. Namun keamanan di wilayah itu seakan tak berfungsi. Penjabat gubernur Papua, bupati Pegubin dan pihak yang menyatakan ingin perubahan di kabupaten itu perlu berkonsolidasi,” kata Magai.

Katanya, harus ada jaminan kepada bupati untuk melaksanakan tugas. Namun ia berharap, bupati Pegubin sebagai anak adat kembali ke daerahnya. Tidak perlu takut. (*)

loading...

Sebelumnya

Kapolda Papua sepakat proses hukum oknum polisi pelaku kekerasan terhadap jurnalis

Selanjutnya

Komisi IV akan perjuangkan anggaran penyelesaian mes DPR Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe