Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Polisi diminta gunakan UU Pers untuk kasus Abeth You
  • Rabu, 09 Mei 2018 — 05:58
  • 1038x views

Polisi diminta gunakan UU Pers untuk kasus Abeth You

Tindakan oknum polisi ini lanjut Mambor sudah jelas memenuhi unsur tindakan melawan hukum sebagaimana termuat dalam Pasal 18 ayat 1 UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers.
Kapolda Papua, Irjenpol. Boy Rafli Amar (kiri) bersama Kabid Humas Polda Papua, Kombespol Ahmad Mustofa Kamal (kanan) saat bertemu dengan jurnalis Jubi, Abeth You (tengah) di Cafe Humbolt, Kota Jayapura - Jubi/Kristianto
Benny Mawel
Editor : Kyoshi Rasiey

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Kepolisian diminta menggunakan Undang-undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dalam menangani kasus kekerasan yang dilakukan oleh oknum polisi kepada jurnalis Jubi, Abeth You.

"Untuk menindaklanjuti kasus yang menimpa Abeth, sebaiknya kepolisian menggunakan UU Pers," ujar ahli pers Dewan Pers, Victor Mambor kepada Jubi, Rabu (9/5/2018).

Baca Jurnalis Jubi alami kekerasan saat liputan debat kandidat Pilkada

Menurutnya penggunaan UU Pers dalam pananganan kasus Abeth ini sangat tepat sebab Abeth saat mengalami kekerasan sedang melakukan pekerjaannya sebagai jurnalis. Dalam rekaman video yang sudah beredar luas, tampak jelas Abeth sudah melakukan tindakan yang seharusnya dilakukan oleh seorang jurnalis dalam meliput. Ia sudah menunjukkan kartu persnya dan sudah menyebutkan bahwa dia seorang jurnalis namun tetap mengalami kekerasan.

"Seorang polisi cekik lehernya, tampas handphonenya sehingga kacamatanya jatuh dan pecah," ujar Mambor.

Tindakan oknum polisi ini lanjut Mambor sudah jelas memenuhi unsur tindakan melawan hukum sebagaimana termuat dalam Pasal 18 ayat 1 UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Baca Kapolda Papua sepakat proses hukum oknum polisi pelaku kekerasan terhadap jurnalis

Pasal itu menyebutkan setiap  orang yang secara melawan hukum dengan  sengaja melakukan  tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat  (2) dan ayat (3) dipidana dengan penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp500.000.000,00 (limaratus juta rupiah).  

"Kami sangat mendukung sikap Kapolda Papua yang sepakat dengan kami untuk meneruskan kasus Abeth ini ke jalur pidana, bukan cuma etik saja," ujar Mambor yang juga Pemimpin Umum JUBI, menjelaskan hasil pertemuan pihak JUBI dengan Kepolisian Daerah (Polda) Papua, Selasa (8/5/2018).

Baca Kasus kekerasan terhadap jurnalis jubi, ini pernyataan Ketua KPU Deiyai

Kapolda Papua, Irjenpol. Boy Rafli Amar dalam pertemuan dengan pihak PT. Jujur Bicara Papua, perusahaan pers terverifikasi yang menjalankan Koran Jubi dan tabloidjubi.com menegaskan bahwa institusi yang dipimpinnya akan bertindak tegas pada setiap anggota yang melakukan kekerasan pada insan pers.

"Kami siap tindak tegas oknum anggota yang lakukan kekerasan atas insan pers di tanah Papua,"  kata Kapolda dalam pertemuan tersebut.

Kapolda bahkan mendorong agar kasus ini diselesaikan melalui jalur hukum pidana.

‘Kalau memang harus dipenjara karena terbukti melakukan unsur pidana, kita penjarakan. Karena ini Negara hukum, segala sesuatunya harus mengedepankan hukum,’ ujar Kapolda.

Kapolda juga mengatakan akan mengembangkan kasus kekerasan yang menimpa Abeth. Hingga saat ini, baru dua orang anggota polisi yang disedang disidik.

“Berdasarkan keterangan dua ini, nanti kita kembangkan,” ucap Kapolda. (*)

loading...

Sebelumnya

Komisi IV akan perjuangkan anggaran penyelesaian mes DPR Papua

Selanjutnya

Kadepa: Pengamanan pilkada tak harus dengan kekerasan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe