Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Sumatera
  3. 200 pelajar asing dapat kartu ijin tinggal terbatas
  • Rabu, 09 Mei 2018 — 14:57
  • 1115x views

200 pelajar asing dapat kartu ijin tinggal terbatas

Kitas dengan masa berlaku maksimal 12 bulan itu terbanyak diberikan kepada warga negara Malaysia, Thailand, Vietnam, Tiongkok, dan Singapura.
Ilustrasi. Pixabay.com (Creative Commmons)/Jubi
ANTARA
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Palembang, Jubi - Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Sumatera Selatan hingga Mei 2018 telah memberikan kartu izin tinggal terbatas atau Kitas kepada 200 pelajar dan mahasiswa asing.

Kartu izin tinggal terbatas yang yang diberikan kepada pelajar dan mahasiswa asing yang mengikuti program sekolah dan perkuliahan di sejumlah lembaga pendidikan di kota setempat dengan masa waktu maksimal 12 bulan dan bisa diperpanjang setiap tahun sesuai kepentingan, kata Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Palembang Raja Ulul Azmi SW, di Palembang, Selasa ( 8/5/2018).

Kitas khusus pelajar dan mahasiswa asing itu sebagian besar merupakan perpanjangan masa berlaku dan sekitar 25 persen Kitas baru atau pertama kali diterbitkan untuk Warga Negara Asing (WNA).

Kitas dengan masa berlaku maksimal 12 bulan itu terbanyak diberikan kepada warga negara Malaysia, Thailand, Vietnam, Tiongkok, dan Singapura.

Selain diberikan kepada pelajar dan mahasiswa asing, Kitas itu juga diberikan kepada WNA yang bekerja di sejumlah perusahaan seperti yang bergerak di sektor konstruksi, perindustrian, perkebunan, pertambangan, energi, pendidikan, dan perdagangan di enam kabupaten/kota wilayah kerja Kantor Imigrasi Palembang meliputi Kota Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Musi Banyuasin, katanya.

Pelajar, mahasiswa dan pekerja asing yang memegang Kitas tersebut, diimbau untuk mematuhi aturan yang ditetapkan melalui Undang Undang No.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dan memperhatikan batas waktu atau masa berlaku izin tinggal.

"Pemegang Kitas tersebut selalu diingatkan untuk memperhatikan batas waktu izin tinggalnya agar terhindar dari sanksi pelanggaran Undang Undang No.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, terutama Pasal 78 yang mengatur batas waktu izin tinggal," ujarnya.

Sesuai UU Keimigrasian itu, tindakan yang dilakukan terhadap orang asing yang telah melanggar batas waktu izin tinggal (overstay) harus dikenakan denda Rp300.000 per hari dan dideportasi atau dipulangkan secara paksa ke negara asalnya.

Untuk mencegah terkena sanksi tersebut, pelajar, mahasiswa dan pekerja asing yang masih ingin terus tinggal atau memiliki aktivitas di daerah ini dalam waktu cukup lama, diberikan kesempatan melakukan perpanjangan Kitas hingga lima kali. (*)
 

loading...

Sebelumnya

MRP minta Pemprov Papua bangun pusat rehabilitasi narkoba

Selanjutnya

Pluralisme, demokrasi, dan rekomendasi HMI Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe