Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Pemda Yahukimo sedang siapkan permintaan Boeing Trigana masuk Dekai
  • Jumat, 11 November 2016 — 12:48
  • 1386x views

Pemda Yahukimo sedang siapkan permintaan Boeing Trigana masuk Dekai

Bupati Yahukimo Abock Busup mengatakan ia telah menghubungi pihak Trigana beberapa hari setelah peresmian landasan pacu bandara Nop Goliat Dekai oleh Presiden Joko Widodo, Oktober lalu guna membicarakan permintaan masuknya pesawat berbadan besar tersebut.
Foto bersama Bupati Abock Busup dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama staf di bandara Nop Goliat Dekai Yahukimo. – Jubi/Piter Lokon
Yuliana Lantipo
yuliana_lantipo@tabloidjubi.com
Editor :

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Pemerintah Daerah Yahukimo dalam waktu dekat akan melakukan pembuatan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dengan pihak penyedia jasa transportasi udara PT Trigana Air Service. Kesepakan tersebut terkait izin operasional pesawat Trigana jenis Boeing 737-300 untuk melayani penumpang masuk-keluar dari daerah tersebut.

Bupati Yahukimo Abock Busup mengatakan ia telah menghubungi pihak Trigana beberapa hari setelah peresmian landasan pacu bandara Nop Goliat Dekai oleh Presiden Joko Widodo, Oktober lalu guna membicarakan permintaan masuknya pesawat berbadan besar tersebut. Namun, pertemuan tersebut ditunda.

“Pemerintah sudah ajukan pertemuan tapi mereka (pihak Trigana) tunda karena saat itu ada insiden pesawat jatuh di Puncak,” kata Bupati Abock kepada Jubi via selulernya dari Jakarta, Kamis (10/11/2016).

Bupati Abock menjelaskan, rencana pertemuan yang sempat tertunda itu akan segera dilanjutkan. Untuk itu, pihaknya sedang menyiapkan berbagai dokumen.

“Pemerintah daerah sedang siapkan kelengkapan dokumen. Pertama MoU dengan pihak Trigana. Kedua, kesepakatan jadual terbang rute dari Sentani-Dekai, kemudian Dekai-Wamena. Itu perlu dibicarakan kesepakatan bersama dengan Trigana.  Ketiga, jumlah penumpang tiap hari, dan keempat jadual terbang tiap minggu-nya,” jelasnya.

Abock mengatakan setelah kesepakatan tercapai, pihaknya akan melanjutkan dengan mengirim  surat permohonan ke Dinas Perhubungan Provinsi Papua dan Kementerian Perhubungan untuk mendapatkan izin rute terbang.

Sosialisasi

Bupati Abock mengatakan sebelum MoU dilakukan, pihaknya akan mensosialisasikan kepada masyarakat Yahukimo terkait rencana memasukan pesawat Boeing yang bisa mengangkut hingga 140 penumpang  tersebut.

“Jadi sebelum disetujui, pemerintah sedang sosialisasikan ke masyarakat Yahukimo tentang berapa kali penerbangan Boeing masuk ke Dekai setiap minggu, jadi kami juga harus mendengar dari masukan masyarakat supaya mereka bisa menerima,” ucapnya.

Pada berita sebelumnya, Manager PT Trigana Air Service area Papua, Bustomi Eka Prayitno, meminta pemerintah daerah Yahukimo untuk mengeluarkan surat permintaan penerbangan pesawat Trigana jenis Boeing yang ditujukan kepada Pemerintah provinsi dan kementerian perhubungan. Sehingga pihaknya tidak terbelit persoalan izin untuk melayani penumpang ke Dekai.

“Suratnya dari bupati belum ada. Pejabat atau bupati tentunya meminta rute seminggunya berapa kali (terbang), nanti kita ajukan ke kementerian perhubungan untuk mendapatkan flight approval,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Lapas di Papua butuh perhatian

Selanjutnya

Pemkab Asmat dan DPRD sepakat perpanjang bandara Agatz tahun depan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe