Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. Tiket pesawat di Wamena mahal, ini jawaban otoritas Bandara
  • Sabtu, 12 Mei 2018 — 17:08
  • 1372x views

Tiket pesawat di Wamena mahal, ini jawaban otoritas Bandara

Langkah yang dilakukan pemeriksaan ke semua maskapai komersial yang beroperasi  di Wamena.
Ilustrasi, pesawat di Bandara Wamena,-Jubi/Dok
Islami Adisubrata
Editor : Edi Faisol

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Wamena, Jubi- Otoritas Bandar udara Wamena mengaku telah mengecek langsung ke lapangan terkait mahalnya tiket peswat di wilayah kerjanya. Langkah yang dilakukan pemeriksaan ke semua maskapai komersial yang beroperasi  di Wamena.

“Untuk saat ini harga tiket masih berada di harga normal, belum ada indikasi adanya permainan harga dari airline atau maskapai,” kata Pelaksana harian kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Wamena, Ferdy Halatu, kepada wartawan di kantornya, Jumat (11/5/2018).

Ferdy mengaku saat ini harga tiket terendah Rp 475 ribu dan tertinggi Rp 850 ribu, harga tiket itu sesuai peraturan pemerintah. Secara detail ia menyebutkan pesawat Trigana masih menjual harga Rp 835 ribu dan Wings Rp 800 ribu, sedangkan dan NAM Air juga sama Rp 800 ribu

Ia menyatakan belum mendapatkan bukti adanya indikasi permainan tiket di luar dengan harga yang melambung. Pengelola Bandara Wamena belum mendapat laporan dari pengguna yang mendapat harga tiket melebihi yang ditentukan.

 “Jika memang ada yang memberikan laporan, pasti kami akan memprosesnya,” katanya.

Menurut Ferdy, pengelola Bandara Wamena akan memperketat dengan cara sistem pemeriksaan sehingga ruang gerak calo dapat dibatasi, hal itu untuk menghindari harga di luar batas.

“Calo bisa pesan tiket lewat online, atau apa pun bisa mengambil tiket dengan nama lain, kemudian menjual lagi. Kami perketat dengan pemeriksaan saat keberangkatan sesuai dengan identitas. Jika tidak sesuai identitas maka akan langsung di cancel,” kata Ferdy menjelaskan.

Selama ini otoritas Bandara Wamena sering memberi pengumuman di Bandara, yang isinya jika penumpang mendapatkan tiket di atas harga normal segera melaporkan ke Bandara atau ke Maskapai yang disertai dengan bukti.

“Jika tanpa bukti akan sia-sia, bila perlu jika harga tiket Rp 800 ribu dijual dengan harga Rp 3 juta minta kwitansi dan itu akan langsung diproses,” katanya.

Penelusuran wartawan Jubi Islami Adisubrata, menunjukan keluhan tiket peswat di Bandara Wamena mahal dirasakan penumpang pesawat Twinoter dengan sistem carter. Hal itu dirasakan sejumlah rombongan KPU yang menggunakan pesawat PT Semuwa Dirgantara.

“Jadi waktu itu ada rombongan dari KPU Jayawijaya yang harus turun ke Jayapura sebanyak delapan orang, karena tidak dapat tiket biasa mereka ke kami dan memang harganya Rp 2,5 juta per orang,” kata staf PT Semuwa Dirgantara, Sirait.

Menurut Sirait menyewa pesawat itu bukan kesengajaan, tetapi memang kewajiban yang harus dibayarkan penumpang karena sistemnya carter atau sewa.

“Pesawat Twinoter Trigana ini berkapasitas sekitar 18 orang, untuk bisa terbang harus mencari penumpang lain untuk memenuhi kuota penumpang,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

ASN perhubungan udara gelar sumpah jabatan

Selanjutnya

16 siswa SMTK Philipus diutus memberitakan Injil

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4863x views
Polhukam |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 4279x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4146x views
Advertorial |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 3484x views
Lembar Olahraga |— Rabu, 10 Oktober 2018 WP | 2930x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe