Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lembar Olahraga
  3. Bersatu demi tuan rumah PON di tanah Papua
  • Rabu, 16 Mei 2018 — 07:06
  • 573x views

Bersatu demi tuan rumah PON di tanah Papua

Yambe Yabdi mengatakan, jika Papua Barat serius menjadi tuan rumah, maka konsekuensinya yang harus ditempuh oleh Papua Barat seperti apa.
Yusuf Yambe Yabdi berdiskusi bersama Sekretaris Disorda Papua, Idris Salama (kanan) - Jubi/Jean Bisay
Jean Bisay
Editor :
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Papua, Yusuf Yambe Yabdi menginformasikan, guna sukses penyelenggaraan PON XX/2020, penjabat gubernur Papua dan gubernur Papua Barat akan menggelar pertemuan bersama KONI Pusat membahas rencana tuan rumah PON bersama.

Yusuf Yambe Yabdi bilang, adanya keinginan dari Papua Barat untuk menjadi tuan rumah PON bersama, maka perlu pembahasan lebih lanjut.

“Kami sedang mengatur waktu untuk pertemuan terbatas antara gubernur Papua dan Papua Barat serta Ketua Umum KONI Pusat, untuk membicarakan masalah ini” kata Kadisorda Papua kepada wartawan di Jayapura, Senin (14/5/2018).

Yambe Yabdi mengatakan, jika Papua Barat serius menjadi tuan rumah, maka konsekuensinya yang harus ditempuh oleh Papua Barat seperti apa.

Pemprov Papua melaksanakan PON berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), sehingga diperlukan semacan revisi terhadap SK Menpora untuk menjadi rujukan untuk pelaksanaan PON di Papua Barat.

Dengan demikian, kata Yusuf, dalam pengalokasian anggaran dari APBD Papua Barat untuk PON tidak salah aturan, karena ada surat rujukan SK Menteri tersebut. Beber Yusuf.

“Jika Papua Barat berkeinginan menjadi tuan rumah, mungkin saja bisa menyurati presiden. Dengan begitu, presiden minta Menpora untuk mempertimbangkan untuk mengakomodir Papua Barat menjadi tuan rumah PON bersama dengan pemerintah Provinsi Papua,” katanya.

Ditanya pembagian cabor dengan Papua Barat, jika mereka menjadi tuan rumah. Yambe Yabdi mengaku, itu nanti menjadi kewenangan antara KONI Papua dan Papua Barat.

Sementara terkait surat keputusan (SK) KONI Papua terkait 48 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Papua sudah keluar.

Bahkan, SK tersebut sudah diserahkan kepada gubernur Papua.

“Terkait dengan cabang olahraga, hasil keputusan Ketua Umum KONI Pusat terkait 48 cabang yang dipertandingkan sudah keluar dan kami sudah ambil SK dan serahkan kepada Gubernur Papua,” tutupnya.

Dominggus Mandacan, gubernur sekaligus Ketua Umum KONI Papua Barat,  mendukung penyelenggaraan PON XX/2020 di tanah Papua.

Mantan Bupati Manokwari itu, didepan pengurus KONI se-Indonesia berharap pada PON XX, provinsi Papua Barat juga bisa menjadi salah satu klaster untuk mempertandingkan beberapa cabang olahraga.

“Kami harap bisa lima cabor diselenggarakan di Papua Barat,” ujarnya.

Lima cabang olahraga yang dimaksud gubernur Mandacan yakni tenis meja, terjun payung, sepak bola, balap motor dan selam.

Mandacan mengatakan,  pemerintah bersama masyarakat Papua Barat sangat antusias untuk bisa mempertandingkan 5 cabor dimaksud sebagai bentuk dukungan kepada Papua dalam penyelenggaraan PON tahun 2020.

"Selaku ketua KONI Papua Barat, kami sedang berusaha dan berupaya agar 5 cabor bisa di pertandingkan di Papua Barat," harap Mandacan. (*)

loading...

Sebelumnya

Kabupaten Jayapura juarai tenis meja Bupati Raja Ampat Cup 2018

Selanjutnya

Gunansar Mandowen sudah bisa tampil lawan Madura United

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer
Polhukam |— Jumat, 21 September 2018 WP | 6030x views
Koran Jubi |— Senin, 17 September 2018 WP | 5681x views
Polhukam |— Kamis, 20 September 2018 WP | 3698x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe