Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Koran Jubi
  3. Orin Kidd mempersiapkan generasi Yahukimo
  • Sabtu, 19 Mei 2018 — 23:54
  • 870x views

Orin Kidd mempersiapkan generasi Yahukimo

Yayasan Pengembangan Masyarakat Kimyal sukses mengelola Sekolah Orin Kidd yang menyelenggarakan pendidikan dari PAUD hingga SMTK. Pemkab Yahukimo membantu pembangunan gedung belajar dan fasilitas lain.
Sekretaris Direktur YPMK memberikan penghargaan kepada Bupati Yahukimo Abock Busup – Jubi/Piter Lokon
Piter Lokon
Editor : Syofiardi
LipSus
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 18:26 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

SEKOLAH Orin Kidd yang dikelola Yayasan Pengembangan Masyarakat Kimyal (YPMK) terus meningkatkan mutu untuk menyiapkan generasi muda Papua di Kabupaten Yahukimo.

Sekolah ini mengelola pendidikan dengan jenjang yang cukup lengkap, mulai dari PAUD, kemudian SD, SMP, dan SMTK. SMTK adalah Sekolah Menengah Teologia Kristen.

Tahun ini Orin Kid meluluskan 58 siswa untuk keempat tingkatan, kecuali SMP yang masih menunggu kelulusan. Untuk PAUD 7 murid, SD sebanyak 27 siswa, dan SMTK sebanyak 24 orang.

Kepala SMTK Orin Kidd, Petimur Sub, mengatakan tahun ini siswa SMTK lulus 100 persen dan merupakan lulusan keenam. Sedangkan siswa SMP merupakan lulusan kedua yang diharapkan bisa lulus seratus persen.

“Orang Kimyal mengatakan kelulusan sampai lima kali disebut ‘sewa wemna’, artinya langkah dari satu ke kedua, itu lama sekali, meski lama teman-teman guru sudah melewati lima kali angkatan menamatkan siswa, lulusan pertama sudah ikut membantu  pendidikan dan pengembangan sekolah Orin Kidd,” katanya.

Sub mengatakan YPMK hadir dengan Sekolah Orin Kidd sebagai upaya untuk ambil bagian dalam peran mencerdaskan bangsa. Selain itu untuk menghindari sikap hanya menyalahkan pemerintah.

“Sekarang tidak ada lagi saling menyalahkan seperti zaman saya sekolah, kita semua sudah sekolah dan harus mempertanggungjawabkan pendidikan kita itu, karena itu mereka yang kita luluskan juga bertanggung jawab mengabdi dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, termasuk ke perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan luar negeri, untuk mewujudkan itu orang tua harus bertanggung jawab, gereja juga bertanggung jawab, dan pemerintah membantu kami,” ujarnya.

Ia menjelaskan Sekolah Orin Kidd dimulai dari pendirian SMTK dalam rangka 50 tahun masuknya Injil ke Kimyai delapan tahun lalu untuk memberkati masyarakat Kimyal dan memberkati orang lain di Kabupaten Yahukimo.

“Puji Tuhan, kali ini untuk SMTK yang sudah Akreditasi B diluluskan 22 siswa dengan angkatan kelulusan keenam,” ujarnya.

Sub menjelaskan kondisi pendidikan yang dihadapinya di Yahukimo. Calon guru yang telah menyelesaikan pendidikan tidak pernah bertugas dan mengajar di distrik-distrik. Karena itu banyak lulusan sekolah SD dan bahkan SMP tidak pandai menulis dan membaca.

“Ketika kami buka SMTK dan menerima calon siswa, ternyata ada yang tidak bisa baca-tulis, inilah alasan kemudian kami mendirikan sekolah lengkap mulai dari PAUD hingga SMP, tujuannya agar kami benar-benar bisa menyiapkan siswa dari awal dengan baik agar mereka bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, sebab untuk melanjutkan ke perguruan tinggi itu harus memiliki dasar ilmu,” katanya.

Bupati Yahukimo yang juga Ketua Komite Sekolah Orin Kidd, Abock Busup, meresmikan kantor dan gedung Sekolah Orin Kidd untuk PAUD, SD, SMP, dan SMTK, sekaligus perumahan guru dan Puskesmas Orin Kidd, Selasa, 15 Mei 2018.

Bupati berharap akan ada penempatan guru ASN (Aparatur Sipil Negara) di sekolah yang berlokasi di Jalan Gunung, Kota Dekai, Yahukimo tersebut. Karena itu ia meminta agar pimpinan Orin Kidd berkomunikasi dengan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Yahukimo untuk memprosesnya.

“Saya minta pemimpin sekolah membuka diri supaya ada guru-guru pegawai juga bisa tambah kirim ke sekolah Orin Kidd untuk mengajar, sehingga penyelenggaraan sekolah bisa memenuhi standar dan sesuai undang-undang yang berlaku,” kata Busup.

Bupati berpesan agar Orin Kidd diselenggarakan untuk semua orang, bukan untuk suku Kimyal saja.

“Tetapi dari orang Kimyal menyelenggarakan untuk orang Yahukimo 12 suku, serta suku-suku lainnya di Indonesia, sehingga bisa rekrut guru-guru profesional untuk ditempatkan di PAUD sampai SMTK,” ujarnya.

Busup mengatakan pendidikan sangat penting karena kemajuan suatu daerah tergantung pada pendidikan. Ia menjelaskan, ada 19 sekolah di Kabupaten Yahukimo kurang aktif dan tidak ada aktivitas belajar mengajar. Ia berencana akan menghapus dan menggabung sekolah-sekolah tersebut.

Persoalan utama pendidikan di Yahukimo dalam sepuluh tahun terakhir, katanya, adalah tidak memperhatikan siapa pengajarnya dan berapa jumlah muridnya. Akibatnya IPM (Indeks Pembangunan Manusia) tidak teruji.

Direktur YPMK, Temas Salle, mengatakan yayasan yang dipimpinnya mengelola beberapa bidang kegiatan, namun saat ini lebih fokus mendorong dan mengelola PAUD hingga SMTK di Orin Kidd yang sudah berjalan delapan tahun. Sedangkan untuk pendidikan tinggi lebih fokus pada bidang Ners dan Kesehatan.

“Bersyukur dalam usia yang berjalan delapan tahun, lima bulan, satu hari terhitung dari 18 Februari sampai sekarang diresmikan kantor dan pebangunan lainnya, jadi kami bersyukur karena sudah menghasilkan beberapa hamba Tuhan dan bisa mengabdi di masyarakat dan kembali mengajar di Sekolah Orin Kidd, serta bisa melanjutkan ke Perguruan Tinggi negeri dan swasta,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Ganti komisioner KPU dan pertaruhan Uncen

Selanjutnya

Mendorong gerobak untuk sukses kuliah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe