Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Bali & Nusa Tenggara
  3. NTT belum miliki pelabuhan marina
  • Minggu, 13 November 2016 — 17:55
  • 1319x views

NTT belum miliki pelabuhan marina

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu mengatakan daerah setempat belum memiliki pelabuhan marina yang representatif.
Suasana salah satu danau di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai tujuan wisata. –tempo.co
ANTARA
redaksi@tabloidjubi.com
Editor : Lina Nursanty

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Kupang, Jubi - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu mengatakan daerah setempat belum memiliki pelabuhan marina yang representatif.

"Kita belum memiliki pelabuhan marina yang representatif atau bisa terjangkau, terutama di pulau-pulau yang menyimpan banyak potensi wisata," katanya di Kupang, Minggu (13/11/2016).

Menurut dia, pelabuhan marina merupakan infrastruktur pariwisata penting sebagai tempat berlabuh wisatawan yang melakukan perjalanan wisata menggunakan kapal pesiar maupun yacht (kapal layar kecil).

Kekurangan itu, menurut dia, membuat kapal-kapal wisatawan yang datang ke daerah tersebut harus melepas jangkarnya di perairan dan menggunakan bantuan perahu agar bisa ke darat.

Ia mencontohkan kunjungan wisatawan Darwin Australia yang menggunakan puluhan yacth beberapa waktu lalu yang berkeliling ke berbagai pulau, seperti Timor, Flores, Alor, Rote, dan Sumba.

“Kondisi ini membuat wisatawan tidak nyaman karena kapal-kapal mereka memiliki tambatan untuk langsung berlabuh,” katanya lagi.

Marius mengakui untuk membangun palabuhan marina secara memadai, membutuhkan anggaran yang besar. Oleh karena itu, harus diupayakan secara bertahap. “Minimal nantinya pelabuhan marina bisa terjangkau di beberapa pulau yang memiliki destinasi wisata unggulan, seperti Flores, Timor, Sumba, Alor, dan Rote,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah pusat melalui PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III sudah berencana membangun pelabuhan marina di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Namun, pembangunannya masih terkendala lahan.

Direktur Utama PT Pelindo III Orias Petrus Moedak mengatakan bahwa pihaknya sudah berupaya menyiapkan lahan. Akan tetapi, masih terkendala adanya klaim kepemilikan tanah dari pihak lain.

“Sebenarnya lokasinya sudah disiapkan. Kami justru membelinya sudah sejak lama. Namun, saat hendak membangunnya, justru ada pihak lain yang datang, kemudian mengaku kalau itu lahannya,” katanya. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Pemerintah akan restorasi tujuh danau

Selanjutnya

Bali siap terapkan satu harga BBM

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe