Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Sumatera
  3. Pekanbaru mulai kaji penggunaan Styrofoam
  • Minggu, 13 November 2016 — 18:24
  • 493x views

Pekanbaru mulai kaji penggunaan Styrofoam

Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau akan mengkaji penggunaan styrofoam sebagai wadah jajanan makanan di wilayah setempat, agar tidak membahayakan kesehatan konsumen.
Ilustrasi. Penggunaan styrofoam. --tempo.co
ANTARA
Editor : Lina Nursanty
LipSus

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Pekanbaru, Jubi - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau akan mengkaji penggunaan styrofoam sebagai wadah jajanan makanan di wilayah setempat, agar tidak membahayakan kesehatan konsumen.

“Kita prinsipnya setuju terhadap adanya pelarangan penggunaan styrofoam jika itu demi melindungi konsumen,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pekanbaru Ingot Achmad Hutasuhut di Pekanbaru, Minggu (13/11/2016).

Menurut Ingot, pemkot juga harus jeli atas fenomena di masyarakat saat ini dalam penggunaan wadah makanan styrofoam. Apalagi ada beberapa pendapat dan Kota Bandung sudah melakukan pelarangan dikarenakan beberapa hal.

Walau menurut dia itu hak masing-masing wilayah, untuk Pekanbaru masih perlu penegasan dan kajian. “Itu yang sedang kita bahas bagaimana regulasinya,” ujarnya.

Ia juga berjanji agar hal ini tidak membuat konsumen Pekanbaru gelisah dan sebaliknya para pedagang makanan pengguna wadah tersebut merasa dirugikan atas isu itu, makanya kini pihaknya sedang melakukan kajian bersama instansi teknis. “Jadi sedang kita susun mekanisme pengaturannya,” katanya.

Di sisi lain anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pekanbaru, Roem Diani Dewi, berkomentar meminta Pemkot Pekanbaru segera membuat kebijakan mengeluarkan surat edaran (SE) tentang pelarangan penggunaan styrofoam kepada seluruh penjual makanan.

Ia juga meminta Pemko agar segera mensosialisasikan kepada masyarakat dan pedagang jajanan. "Penggunaan styrofoam ini sangat berbahaya buat kesehatan. Menurut penelitian, di dalam wadah tersebut terkandung zat kimia berbahaya. kalau dijadikan tempat makanan yang panas dan menguap, bisa menyebabkan kanker dan berbagai penyakit lainnya," kata Roem Diani Dewi.

Politikus PKS itu menambahkan, jika mengacu kepada Undang-undang Perlindungan Konsumen dan PP Nomor 28 tahun 2004 tentang keamanan mutu dan gizi pangan juga pencemaran terhadap pangan. Penggunaan styrofoam sudah harus dilarang. (*)

 

loading...

Sebelumnya

Kinerja usai, program pelayanan tetap jalan

Selanjutnya

Bantu modal usaha, Pemda Yahukimo mulai mendata pedagang asli Papua di Dekai

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe