TUTUP
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Domberai
  3. Polisi siaga satu pasca penetapan Kmurkek jadi Ibukota Maybrat
  • Senin, 28 Mei 2018 — 23:49
  • 7367x views

Polisi siaga satu pasca penetapan Kmurkek jadi Ibukota Maybrat

Pasca keputusan Mendagri tentang Ibukota Maybrat, Kapolda Papua Barat, Brigjen Rudolf A. Rodja meminta jajarannya untuk meningkatkan pengamanan mulai Senin malam ini dan menetapkan siaga satu.
Kapolda Papua Barat, Brigjen Rudolf Albert Rodja - Jubi/Hans Arnold
Hans Kapisa
[email protected]
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Kamis, 31 Januari 2019 | 11:00 WP
Features |
Rabu, 30 Januari 2019 | 10:08 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Manokwari, Jubi - Menteri dalam negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo resmi menetapkan Ibukota Kabupaten Maybrat Papua Barat berkedudukan di Kmurkek. Keputusan Mendagri tersebut setelah mendengar hasil pemaparan tim rekonsiliasi Ibukota Maybrat yang berlangsung di Jakarta. 

Pasca keputusan Mendagri tentang Ibukota Maybrat, Kapolda Papua Barat, Brigjen Rudolf A. Rodja meminta jajarannya untuk meningkatkan pengamanan mulai Senin malam ini dan menetapkan siaga satu.

"Kepada pejabat utama dan jajaran Kapolres, segera tingkatkan pengamanan di wilayah masing-masing,” ujar Kabid Humas AKBP Hari Supriono kepada Jubi, Senin (28/5/2018). 

Dikatakan, atas penetapan Ibukota Maybrat, Kapolda perintahkan Kapolres Sorong dan Kota Sorong untuk mengantisipasi situasi dan kondisi wilayah hukum masing-masing karena konsentrasi warga Maybrat cukup tinggi di dua wilayah tersebut.

"Laksanakan patroli secara berkala, termasuk pengamanan di kediaman ketua tim rekonsiliasi,” ujarnya.

 Kapolda juga kata dia, mengimbau agar seluruh warga Maybrat tetap menjaga keamanan dan kedamaian, tidak mudah terprovokasi. Secara khusus di Maybrat, keberadaan personel TNI/Polri sudah disiagakan untuk menjaga kamtibmas di sana. 

"Jadi, masyarakat di Maybrat tidak usah takut atau terprovokasi, tetap lalukan aktivitas seperti biasa,” ujar Kapolda. 

Kapolda juga menginformasikan, Mendagri Tjahjo Kumolo dijadwalkan berkunjung ke Maybrat dua minggu ke depan, untuk menyelesaikan masalah adat dua kelompok warga di sana.

"Dua minggu terhitung dari hari ini (Senin-red), Mendagri akan ke Maybrat untuk selesaikan masalah adat", ujar Kapolda. 

Sebelumnya, siang tadi ratusan warga Aifat di Manokwari menduduki kantor Gubernur Papua Barat dan menyerahkan pernyataan sikap untuk mendukung Ibukota kabupaten Maybrat di Kmurkek. 

Kepala suku Aifat di Manokwari Paulus Asem mengatakan, warga Aifat di Manokwari hanya melanjutkan aspirasi dan permintaan warga Aifat di tanah Maybrat, agar tidak ada persoalan dikemudian hari. 

"Kami serahkan pernyataan sikap kepada Gubernur Papua Barat bahwa Ibukota Maybrat harus di Kmurkek. Ini adalah aspirasi murni dari Maybrat, kami hanya melanjutkannya,” ujar Asem. 

Dikatakan Asem, warga Aifat di Manokwari tetap menjaga keamanan dan kedamaian pasca keputusan Mendagri tentang kedudukan Ibukota Maybrat.

Data yang dihimpun, persoalan Ibukota Maybrat di Papua Barat telah berlangsung hampir 10 tahun. Ketua tim rekonsiliasi penyelesaian konflik Ibukota Maybrat adalah Otto Ihalauw bekas Bupati Kabupaten Maybrat yang juga tersangka korupsi Kapal LCT Sorsel Indah. (*)

loading...
Loading...

Sebelumnya

Polres Wondama tangani kasus korupsi Dinas Lingkungan Hidup

Selanjutnya

Empat ton cangkang kerang Lola dan karapas Penyu disita Polisi Papua Barat

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe