Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Amankan Pilkada, Trigana angkut aparat ke daerah terisolir
  • Minggu, 03 Juni 2018 — 22:16
  • 701x views

Amankan Pilkada, Trigana angkut aparat ke daerah terisolir

Kebijakan itu guna mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah pada 27 Juni mendatang.
Ilsutrasi, Aparat keamanan Jubi/dok
ANTARA
Editor : Edi Faisol

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Wamena,Jubi- Pesawat kecil milik maskapai Trigana, siap mengangkut sejumlah personel keamanan Polisi maupun tentara yang akan ditempatkan di daerah terisolasi wilayah pegunungan tengah Papua. Kebijakan itu guna mengawasi jalannya Pemilihan Kepala Daerah pada 27 Juni mendatang.

"Saya sudah buat MoU dengan Trigana untuk membantu mobilisasi personel ke Distrik Trikora  karena distrik ini tidak bisa dijangkau kendaraan darat,” kata Kapolres Jayawijaya AKBP Yan Pieter Reba, di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Minggu, (3/6/2018).

Menurut Yan Pieter, penempatan wilayah Yalimo akan geser dari Wamena dengan Pilatus. “Ada dua yang perlu digeser dengan udara dan tiga distrik menggunakan jalur darat," kata Yan Pieter, menjelaskan.

Ia mengatakan ada tiga daerah terisolasi yang tersebar di dua kabupaten berbeda. Di antaranya Distrik Trikora di Kabupaten Jayawijaya serta dua distrik lainnya di Kabupaten Yalimo. Menurut dia personel gabungan yang terdiri dari polisi umum, Brimob dan TNI itu akan dimobilisasi pada tanggal 24 Juni ke masing-masing tempat tugas.

Mereka akan melakukan pengamanan selama pemilihan bupati dan wakil bupati Jayawijaya serta gubernur dan wakil gubernur Papua yang akan dilakukan bersamaan pada 27 Juni mendatang.

"Sedangkan masyarakat sudah siap melaksanakan Pilkada gubernur secara damai dan aman. Misalnya untuk Nduga, dari pernyataan mereka, untuk Distrik Elelim kota mereka tetap menggunakan sistem demokrasi coblos (bukan sistem noken),” katanya.

Terdapat empat distrik lainnya meliputi Apalapsili, Welarek, Benawa dan Abenaho, masih menunggu sosialisasi dari KPU, tetapi kita berharap muda-mudahan semua bisa melaksanakan pencoblosan.

Ketua DPRD Jayawijaya, Taufik Latuihamallo, menyatakan pemerintah Kabupaten Jayawijaya sedang menyusun rasionalisasi anggaran pelaksanaan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati 2018. Rasionalisasi mengacu satu pasangan calon yang akan maju di Pilkada setempat.

“Sebelumnya anggaran Pilkada Rp 75 untuk KPU untuk Pilkada Jayawijaya, nantinya akan dirasionalkan lagi,” kata Taufik 

Menurut Taufik, anggaran sebesar itu sebelumnya disusun KPU dengan pertimbangan Pilkada itu dengan yang kemungkinan lebih dari pasangan satu pasang calon.

“Sehingga penganggarannya disusun waktu itu dengan rencana anggaran segitu tetapi faktanya hanya satu pasangan calon dengan kolom kosong,” kata Taufik menambahkan.

Ia mengaku DPRD sudah mendapat informasi secara lisan dari KPU mengenai anggaran yang akan dikembalikan ke pemerintah daerah. Selain itu anggaran yang diberikan ke KPU tidak langsung digunakan oleh KPU, karena melalui proses dilaporkan ke KPU pusat dan dikontrol kementerian dalam negeri.

Sistem itu sebagai batasan kinerja KPU tidak bisa sembarang menggunakan dana Pilkada, termasuk anggaran Panwas sebanyak Rp 20 miliar dan keamanan Rp 17 miliar lebih.

Taufik mencontohkan biaya pencetakan surat suara untuk lima pasang calon dengan satu pasang calon akan berbeda harganya, meskipun jika dilihat satuannya hanya selisih antara Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu.

“Tetapi jika dikali dengan 268 ribu jumlah pemilih, maka akan mencapai miliaran rupiah sehingga akan dirasionalisasikan,”  katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

PAW almarhumah Maria Kaize tunggu keputusan Kesbangpol

Selanjutnya

AJI Jayapura: Keliru jika karikatur pilkada damai diadukan ke Dewan Pers

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe