Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. Dukungan akar rumput meningkat, urusan khusus untuk West Papua dibuka di Selandia Baru
  • Selasa, 12 Juni 2018 — 15:57
  • 5372x views

Dukungan akar rumput meningkat, urusan khusus untuk West Papua dibuka di Selandia Baru

"Tujuannya untuk menciptakan suatu ruang khusus bagi para aktivis masyarakat sipil dan pergerakan untuk mendukung alasan bagi kemerdekaan dan penentuan nasib sendiri West Papua," ungkapnya.
Para pendukung dan anggota Urusan West Papua di Auckland - supplied for Jubi
RNZI
Editor : Zely Ariane
LipSus
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 21:50 WP
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 16:20 WP
Features |
Kamis, 21 Juni 2018 | 17:48 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Nabire, Jubi - Jaringan solidaritas akar rumput yang makin tumbuh mendorong dibentuknya sebuah terminal atau hub untuk Urusan West Papua (West Papua Desk) di Selandia Baru. 

Desk West Papua ini secara resmi dibuka Selasa malam (12/6/2018), di Auckland oleh salah seorang pemimpin Partai Hijau, Marama Davidson dan anggota parlemen Golriz Ghahraman.

Menurut Ms. Davidson, desk itu akan menjadi penghubung bagi pengorganisasian acara-acara, menjadi tuan rumah bagi tamu-tamu internasional serta menggalang kepedulian terkait isu-isu seputar aspirasi kemerdekaan West Papua dan pelanggaran HAM di Papua. 

"Tujuannya untuk menciptakan suatu ruang khusus bagi para aktivis masyarakat sipil dan pergerakan untuk mendukung alasan bagi kemerdekaan dan penentuan nasib sendiri West Papua," ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa di tahun-tahun belakangan ini semakin banyak dan kuat perwakilan masyarakat Pasifik dan Māori pada khususnya sudah terlibat dalam isu-isu West Papua dengan menggunakan keterampilan komunitas mereka untuk menjangkau masyarakat biasa terlibat solidaritas.

Pemerintah Indonesia mengatakan, sedang menangani kasus-kasus pelanggaran HAM masa lalu di Papua,  sambil lebih banyak memberi perhatian dan sumber daya pada pembangunan ekonomi di Papua.

Namun Davidson menerangkan bagaimana pelanggaran HAM yang serius masih terus terjadi di Papua,  dan hal itulah yang semakin menjadi perhatian rakyat di Selandia Baru. 

"Peningkatan (solidaritas) ini khususnya ada di lapisan muda aktivisme pelajar Māori yang mengaitkan isu-isu penentuan nasib sendiri yang marak di sini dengan apa yang sedang terjadi di West Papua," tuturnya.

Urusan ini digawangi oleh kantor First Union Onehunga, dan akan dijalankan melalui kerja-kerja sukarela oleh West Papua Auckland dan anggota-anggota jaringan solidaritas lainnya.

"Ada usulan-usulan untuk mengorganisasikan kampanye yang sedang terjadi di seluruh Aotearoa, yang makin lama makin kuat hingga mendorong kami berpikir akan lebih efisien dan strategis membentuk suatu 'desk' yang tersentral," kata Davidson. 

"Dan itu juga dapat menyoroti lebih banyak kerja yang terjadi diseputar berbagai kampanye-kampanye komunitas pemberi dukungan," ujarnya lagi.

Wakil rakyat itu memang mengakui bahwa solidaritas untuk West Papua adalah perkara yang sensitif bagi Indonesia.  Dan kunjungan Presiden Joko Widodo bulan Maret lalu ke Selandia Baru tidak mendiskusikan isu-isu West Papua dengan Perdana Menteri Jacinda Ardern. Pembicaraan hanya berfokus pada perkembangan perdagangan antar kedua negara. 

Davidson mengatakan bahwa perjanjian dagang cenderung mengabaikan isu-isu hak asasi manusia.

"Saya rasa masyarakat Selandia Baru mulai memahami bahwa semua itu tidak lagi cukup, dan bahwa kita harus memastikan isu-isu pelanggaran HAM mendapat sorotan, dan jangan sampai perjanjian dagang apapun atau hubungan-hubungan diplomatik dijadikan alasan untuk menyembunyikan persoalan (HAM) itu," tuturnya.

Urusan West Papua akan memberikan "cahaya yang lebih terang mengenai apa yang sebenarnya terjadi di West Papua", ujar Davidson yang juga menekankan sangat penting inisiatif solidaritas itu digerakkan "dari bawah" (mengakar). (*)

loading...

Sebelumnya

Jacob Rumbiak kritik delegasi Solomon ke West Papua

Selanjutnya

ULMWP : 5 warga sipil Timika ditangkap karena aspirasi Papua Merdeka

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat