Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Koran Jubi
  3. Warga Tabanan ikuti tradisi Mesuryak
  • Selasa, 12 Juni 2018 — 19:13
  • 481x views

Warga Tabanan ikuti tradisi Mesuryak

Tradisi Mesuryak merupakan budaya turun temurun digelar oleh warga setempat secara rutin setiap Hari Raya Kuningan.
Ilustrasi peserta upacara tradisional budaya di Bali, pixabay.com
ANTARA
Editor : Edi Faisol
LipSus
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 21:50 WP
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 16:20 WP
Features |
Kamis, 21 Juni 2018 | 17:48 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Tabanan, Jubi - Ratusan umat Hindu yang tinggal di wilayah Banjar Bongan Gede, Desa Bongan, Kabupaten Tabanan, Bali, merayakan Hari Raya Kuningan dengan menggelar tradisi Mesuryak. Tradisi Mesuryak merupakan budaya turun temurun digelar oleh warga setempat secara rutin setiap Hari Raya Kuningan.

"Makna dari tradisi ini adalah untuk memberi bekal sekaligus sebagai ungkapan salam perpisahan secara simbolis dengan roh para leluhur sebelum kembali ke alamnya," kata Kepala Lingkungan Banjar Bongan Gede, I Nyoman Parwata, Sabtu (9/6/2018).

Nyoman menjelaskan, tradisi tersebut diikuti ratusan masyarakat yang didominasi oleh pemuda desa saling berebut uang yang dilempar oleh warga lain di halaman rumah atau di sepanjang ruas jalan Banjar Bongan Gede. Aktivitas itu menjadi budaya sejak zaman dahulu, Mesuryak menggunakan simbolis bekal kepada roh leluhur dengan menggunakan uang kepeng kuno.

"Namun karena sekarang zamannya sudah berbeda, warga kami membagikan uang dalam bentuk uang kertas dengan berbagai nominal dan mata uang," kata Nyoman menjelaskan.

Tercatat sekitar 90 persen warga di kawasan tersebut mengikuti tradisi Mesuryak dengan membagikan uang secara ikhlas atau disebut dengan dana punia. Menurut Nyoman, meski  tradisi Mesuryak dilakukan secara rutin, namun aktivitas budaya itu tidak memberi pengaruh secara ekonomi dan warga yang memberikan dana punia, mereka mengaku tidak ada yang jatuh miskin.

Sebelum membagikan uang kepada warga dalam tradisi Mesuryak, pemilik rumah terlebih dahulu melakukan persembahyangan di Pura Keluarga dan Pura Desa dengan dipimpin oleh sejumlah pemuka agama.

“Setelah itu, warga pemberi uang secara bergiliran saling melempar uang kertas pecahan Rp 2 ribu hingga Rp 100 ribu di depan pintu rumah mereka,” katanya.

Tidak hanya uang dalam mata uang rupiah, sejumlah warga juga tampak melemparkan uang dengan mata uang dolar Amerika. Para pemuda desa yang sebelumnya telah bersiap langsung berebut uang tersebut, tak jarang para pemuda tersebut terjatuh akibat saling dorong ketika berebut.

Wisnu Arta Wijaya, pemuda yang ikut berebut uang, mengaku harus saling dorong dan bahkan terkadang berbenturan dengan pemuda yang lain, namun dirinya mengaku sama sekali tidak emosi.

"Tradisi Mesuryak ini justru dapat semakin mempererat rasa persaudaraan kami. Saling dorong itu sudah biasa, tidak sakit dan tidak ada yang marah, malah saya dan teman-teman bisa saling bercanda," ujar Wisnu.

Wisnu mengaku bisa mendapatkan uang hingga sejumlah Rp 400 ribu setiap kali mengikuti tradisi Mesuryak.

"Saya ikut tradisi Mesuryak ini sudah puluhan kali. Bukan jumlah uangnya yang saya cari, tapi rasa kebersamaan bersama teman-teman yang paling penting," katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Masyarakat Majene tolak bagi hasil Migas

Selanjutnya

Nelayan Sergai terapkan aplikasi pendukung berburu ikan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat