Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Koran Jubi
  3. Nelayan Sergai terapkan aplikasi pendukung berburu ikan
  • Selasa, 12 Juni 2018 — 19:17
  • 537x views

Nelayan Sergai terapkan aplikasi pendukung berburu ikan

Aplikasi itu diyakini dapat meningkatkan pendapatan dan hasil tangkapan ikan.
ilustrasi, pixabay.com
ANTARA
Editor : Edi Faisol
LipSus
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 21:50 WP
Features |
Jumat, 22 Juni 2018 | 16:20 WP
Features |
Kamis, 21 Juni 2018 | 17:48 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Medan, Jubi-Nelayan Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara, menerapkan aplikasi pendukung berburu ikan berbasis android "Nelayan Go Online". Aplikasi itu diyakini dapat meningkatkan pendapatan dan hasil tangkapan ikan.

"Gagasan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Sergai Bedagai dengan aplikasi Nelayan Go Online itu, harus dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan lagi," kata Wakil Ketua dewan pimpinan daerah, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Sumut, Nazli, di Medan, Minggu (10/6/2018).

Nazli menilai ide aplikasi Nelayan Go Online, merupakan terobosan baru memperkenalkan kepada nelayan tradisional mengenai Informasi serta Teknologi (IT). "Nelayan, saat ini harus dapat mengetahui kemajuan IT, sehingga mereka dengan mudah menguasai perkembangan di bidang perikanan," ujar Nazli menambahkan.

Menurut Nazli, meskipun para nelayan penangkap ikan di kabupaten setempat sedikit, namun mereka juga perlu diperkenalkan secara luas mengenai dunia online agar memudahkan mereka mengetahui lokasi ikan berkumpul ikan.

Selain itu aplikasi ini juga bisa mengetahui aktivitas penangkapan ikan yang tidak ramah lingkungan dan pencurian ikan (Ilegal Fishing) nelayan asing di perairan Indonesia.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mengimplementasikan aplikasi "Nelayan Go Online" yang diharapkan dapat menunjang penghasilan nelayan serta kinerja sektor perikanan.

Hal itu merupakan salah satu program ekonomi kerakyatan berbasis digital di sektor nelayan agar memberikan solusi atas permasalahan di sektor perikanan dengan penggunaan teknologi informasi dan memfasilitasi pengembangan aplikasi yang tepat.

“Untuk menunjang pengusahaan nelayan serta kinerja sektor perikanan,” katanya.

Sektor perikanan tangkap di Kabupaten Serdang Bedagai berada di lima kecamatan, meliputo Pantai Cermin, Perbaungan, Teluk Mengkudu, Tanjung Beringin dan Bandar Khalifah dengan jumlah nelayan mencapai 12.854 jiwa dan produksi perikanan tangkap mencapai 25.567 ton pada tahun 2016.

Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumatera Utara, Ihya Ulumuddin, menyebutkan di balik potensi itu masih  banyak ratusan nelayan kecil terjerat hutang pada rentenir, sehingga kehidupan mereka semakin bertambah miskin.

Di Desa Sentang, Kecamatan Sialang Buah, Kabupaten Serdang Bedagai, misalnya keadaan nelayan di daerah tersebut menderita akibat tergadai kepada tengkulak yang memberikan pinjaman modal.

"Praktik kotor yang dilakukan rentenir itu, benar-benar tidak memiliki rasa prikemanusian dan yang penting bagaimana harus mengurus hasil tangkapan nelayan yang baru kembali dari laut," kata Ihya.

Padahal, kata Ulumuddin, uang yang dipinjam dari rentenir dipergunakan nelayan kecil membeli perlengkapan bahan bakar minyak solar, es batangan, alat pancing dan keperluan lainnya. (*)  

loading...

Sebelumnya

Warga Tabanan ikuti tradisi Mesuryak

Selanjutnya

Mahasiswa Unej lestarikan kesenian Patrol

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe
wso shell IndoXploit shell wso shell hacklink hacklink satış hacklink wso shell evden eve nakliyat istanbul nakliyat evden eve nakliyat istanbul evden eve nakliyat evden eve nakliyat istanbul nakliyat