Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pilkada Papua
  3. Jelang Pemilu, KPU Yahukimo ragukan kesiapan armada pengangkut logistik
  • Selasa, 12 Juni 2018 — 20:03
  • 920x views

Jelang Pemilu, KPU Yahukimo ragukan kesiapan armada pengangkut logistik

"Saat ini masih ada hujan ditambah medan yang sulit, satu - satunya pilihan agar logistik tiba tepat waktu adalah di pesawat. Jadi harus segera karena kita kehabisan waktu," kata Bupati.
Rapat koordinasi logistik pemilu di Kabupaten Yahukimo – Jubi/Piter Lokon.
Piter Lokon
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Yahukimo, Jubi -  Jelang pelaksanaan Pemilu Serentak pada 27 Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Yahukimo masih belum bisa memastikan kesiapan armada yang akan digunakan untuk mengangkut logistik ke berbagai Distrik yang ada.

Ketua KPU Yahukimo, Sonab Busup mengatakan, hingga saat ini, belum ada kepastian terkait armada karena belum ada informasi dari KPU Provinsi. Menurutnya, kepastian tersebut sedang menunggu proses lelang yang akan diumumkan segera.

"Sesuai informasi dari KPU Provinsi bahwa pengumuman lelang akan dilakukan pada 8-12 atau tanggal 20 atau 21 Juni 2018. Sampai saat ini memang belum ada kepastian,” kata Sonab saat ditemui dalam  Rapat Koordinasi Lintas Sektor persiapan Pilkada Serentak, Senin (11/6/2018).

Kesiapan soal armada pengangkut logistik ini juga menjadi perhatian Bupati Yahukimo, Abock Busup.  Dalam keterangannya, Bupati mengingatkan kepada para pihak ketiga yang memenangkan lelang untuk berkoordinasi dengan Pemda. Ini mengingat banyaknya lokasi distribusi yang terdiri dari 517 kampung di 51 distrik. Koordinasi ini juga diperlukan mengingat kondisi geografis Yahukimo yang hanya bisa dijangkau dengan pesawat.

"Saat ini masih ada hujan ditambah medan yang sulit, satu - satunya pilihan agar logistik tiba tepat waktu adalah di pesawat. Jadi harus segera karena kita kehabisan waktu," kata Bupati.

Menurut Bupati saat ini alternatif untuk pendistribusian logistik bisa dilakukan menggunakan Pesawat Caravan (pesawat berbadan besar) dengan pendaratan di lapangan terbang (lapter) 400-500 meter.

Alternatif lain adalah Pesawat Pilatus (pesawat berbadan kecil) dengan jalur pendaratan 200-350 meter, serta helikopter untuk daerah yang tak memiliki lapangan terbang.

Selain persoalan distribusi logistik, rapat lintas sektoral ini juga sudah memetakan sejumlah hal penting diantaranya  kemanan dan kenyamanan, lokasi yang rawan konflik antar masyarakat, hingga persoalan ketersediaan logistik untuk Pilgub Papua 2018.

“Yang saya butuhkan saat ini adalah keamanan dan kenyamanan masyarakat selama proses pilkada berlangsung mulai 27 Juni hingga pleno nantinya. Maka kita semua perlunya memberi edukasi kepada masyarakat,” pesan Bupati Abock.

Dalam rapat koordinasi lintas sektoral itu, hadir pula Kapolres Yahukimo AKBP. Angling Guntoro, Perwakilan Kodim 1702 Jayawijaya, Panwas Yahukimo, Asisten Sekda, PGGY, FKUB, Kepala Suku, Kasie Bandara serta Kepala OPD yang ada di Dekai.

Kapolres Yahukimo, AKBP. Angling Guntoro mengatakan pihaknya memberi perhatian khusus pada sejumlah titik di Yahukimo. Hal ini dilakukan karena Yahukimo tak bisa disamakan dengan Kabupaten dan kota lain di Papua. Salah satu indikasinya adalah sulitnya medan yang hanya bisa ditempuh melalui jalur udara. Sementara waktu pemungutan suara semakin dekat.

“KPU Provinsi diminta dipercepat khusus Yahukimo karena medan sulit,” kata Guntoro

Saat ditanya soal kesiapan anggota yang akan mengamankan Pilkada serentak, Kapolres mengatakan personelnya sudah siap. Kesiapan ini juga dipastikan oleh seluruh elemen seperti Brimob, personel dari Polda dan TNI.

“Ada 352 Anggota yang terdiri Polres Yahukimo 177 anggota dan akan dibantu dari Polda Papua 35 Personil dan Brimob Polda 60 Personil, TNI Korem Jayapura ada 80 personil sehingga semua jumlah 352 personil yang akan mengamankan pemilihan gubernur di Kabupaten Yahukimo,” kata Kapolres Yahukimo.

Sementara itu, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Yahukimo sebanyak 295.755, dengan sebaran 600 Tempat Pemungutan Suara (TPS). (*)

loading...

Sebelumnya

Solidaritas desak Polda Papua tahan Hengky Kayame

Selanjutnya

Sekretaris KPU Paniai cetak logistik pemilu tanpa izin komisioner

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline[email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe