Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Survei tunjukkan Fiji siap dipimpin PM perempuan
  • Rabu, 13 Juni 2018 — 12:51
  • 804x views

Survei tunjukkan Fiji siap dipimpin PM perempuan

Dengan pemilu tahun ini semakin mendekat, jajak pendapat Tebbutt-Times yang terbaru menegaskan bahwa gender bukanlah halangan dari menjadi perdana menteri Fiji.
Profesor Vijay Naidu dari Universitas Selatan Pasifik. - RNZI/Sara Vui-Talitu
Elisabeth Giay
Editor : Galuwo
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi - Hasil sebuah survei yang menunjukkan bahwa Fiji sudah siap untuk dipimpin oleh perempuan, sepertinya bukan kejutan bagi banyak orang.

Dengan pemilu tahun ini semakin mendekat, jajak pendapat Tebbutt-Times yang terbaru menegaskan bahwa gender bukanlah halangan dari menjadi perdana menteri Fiji.

Sebanyak 70 persen dari mereka yang mengisi survei itu menjawab ‘ya’ kepada pertanyaan ‘apakah Fiji sudah siap dipimpin oleh PM perempuan’, survei ini diisi oleh masyarakat dari berbagai latar belakang jenis kelamin, etnis, kelompok usia, geografi, dan di lokasi perkotaan dan pedesaan.

Pilihan yang paling populer untuk calon PM perempuan adalah Kepala Suku Rewa dan Pemimpin Blok Oposisi, Ro Teimumu Kepa, yang menuai hingga 49 persen dukungan.

Jajak pendapat tersebut tidak mendaftar kandidat-kandidat perempuan yang dapat dipilih, sebaliknya, rakyat diberikan kebebasan untuk memilihi nama pemimpin perempuan yang menurut mereka paling sesuai atau memenuhi syarat untuk menjadi PM.

Survei ini benar-benar memberikan Ro Teimumu posisi superioritas yang tinggi.

Hasil survei ini sangat menarik dan datang pada momen yang tepat, ketika semua perhatian tampaknya diberikan kepada laki-laki sebagai pemimpin politik.

Secara keseluruhan, 15 persen pemberi pendapat mengatakan Fiji belum siap untuk pemimpin perempuan, 8 persen belum yakin, dan 1 persen menolak untuk menjawab.

Sementara itu, survei itu menunjukkan bahwa laki-laki lebih cenderung menjawab bahwa Fiji belum siap untuk PM perempuan (18 persen) daripada perempuan (12 persen).

Seperti yang diungkapkan oleh Profesor Vijay Naidu dari Universitas Selatan Pasifik, perubahan besar atas pandangan masyarakat tentang kemampuan perempuan, telah mendorong banyak warga Fiji untuk menerima ide tentang memiliki seorang perempuan sebagai PM.

Profesor Naidu percaya bahwa hasil survei ini menarik, karena banyak responden yang memilih di luar gender dan kelompok etnisitas mereka, ketika mendukung seorang perempuan sebagai pemimpin politik nasional berikutnya.

Ini mengejutkan, tambahnya, karena sampai sekarang Fiji masih terus didominasi oleh laki-laki dalam berbagai bidang, termasuk di Parlemen. (Fiji Times)

loading...

Sebelumnya

Jaringan solidaritas West Papua buka desk baru di Selandia Baru

Selanjutnya

Kepulauan Marshall hadiri KTT G7, bahas penangkapan ikan ilegal Pasifik

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe