Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Tim pengamat PIF awasi pemilihan umum Kepulauan Cook
  • Minggu, 17 Juni 2018 — 15:57
  • 663x views

Tim pengamat PIF awasi pemilihan umum Kepulauan Cook

Tim Pengamat beranggotakan empat orang itu, dipimpin seorang pejabat Senior asal Kepulauan Solomon, terdiri dari Kepala Staf Pemilihan Umum Niue dan staf dari Sekretariat PIF.
Tim Pengamat Pemilihan Umum dari Pacific Islands Forum, ketika mengamati Pemilihan Majelis Teritorial Polinesia Prancis 2018. - Pacific Islands Forum Secretariat
Elisabeth Giay
Editor : Galuwo
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Rarotonga, Jubi - Misi Pemantauan Pemilu Forum Kepulauan Pasifik (PIF) telah tiba di Kepulauan Cook, untuk mengamati pemilihan umum di negara itu yang dilaksanakan 14 Juni 2018

Tim Pengamat beranggotakan empat orang itu, dipimpin seorang pejabat Senior asal Kepulauan Solomon, terdiri dari Kepala Staf Pemilihan Umum Niue dan staf dari Sekretariat PIF.

Mereka berada di Cook atas undangan langsung Pemerintah Kepulauan Cook sebagai anggota PIF. Selama kunjungan di Cook, kelompok itu akan mengamati proses pemilihan hingga penutupan pemilihan 14 Juni.

Di bawah kerangka kerja Framework for Pacific Regionalism, 18 negara anggota PIF, termasuk Kepulauan Cook, telah berjanji untuk memperjuangkan dan menegakkan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik di semua negara anggotanya, pembentukan dan Misi Pemantauan Pemilu PIF untuk setiap kegiatan pemilihan adalah landasan utama dari komitmen ini.

Sekretaris Kementerian Urusan Luar Negeri dan Imigrasi, Tepaeru Herrmann, menyambut tim misi pengamat, Pemerintah Kepulauan Cook mengakut pentingnya misi pengamat independen seperti ini, sebagai kesempatan untuk memperkuat proses demokrasi nasional kita sendiri, dan untuk berbagi pengalaman dengan negara-negara anggota Forum kita yang lainnya.”

Selama kunjungannya, tim pengamat itu bertemu dengan berbagai pemangku kepentingan di Kepulauan Cook termasuk pejabat pemerintah, partai politik, kelompok pemuda dan gereja, organisasi masyarakat sipil, sektor swasta, dan media.

Tim ini juga akan melakukan perjalanan ke Aitutaki sebagai bagian dari program pengamatan mereka.

Kedatangan Misi Pengamat PIF disambut baik oleh Ketua kantor pemilihan umum, Chief Electoral Office, Kepulauan Cook, Taggy Tangimetua, yang sebelumnya pernah terlibat dalam Tim Pengamat Pemilu PIF untuk pemilihan umum di Vanuatu 2016 lalu.

“(Misi) ini akan berkontribusi pada transparansi dan integritas dari proses pemilihan umum kita di Kepulauan Cook,” kata Tangimetua.

Selain berdiskusi dengan para pemangku kepentingan, tim itu juga akan mengamati pembukaan pemiliihan, pemungutan suara, penutupan dan penghitungan suara. (PINA)

loading...

Sebelumnya

Mosi tidak percaya diajukan terhadap PM Vanuatu

Selanjutnya

Kepulauan Solomon utamakan program perdagangan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Polhukam |— Jumat, 21 September 2018 WP | 6291x views
Pilihan Editor |— Selasa, 25 September 2018 WP | 5941x views
Koran Jubi |— Senin, 17 September 2018 WP | 5876x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe