Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. KPU Papua benarkan surat KPU RI terkait paslon pilkada Paniai
  • Senin, 18 Juni 2018 — 19:49
  • 1542x views

KPU Papua benarkan surat KPU RI terkait paslon pilkada Paniai

Betul. Itu kan surat KPU RI keluar bersamaan dengan putusan Paniai. Makanya kami sampaikan putusan Paniai ini mau diapakan karena bersamaan dengan surat KPU RI
Para komisioner KPU Paniai saat berbincang dengan Ketua Panwas Paniai, Alex Pigome (batik putih) beberapa waktu lalu - Jubi. Dok 
Arjuna Pademme
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi - Komisioner KPU Papua, Tarwinto membenarkan adanya surat petunjuk dari KPU RI dengan nomor 585/PT.03.2-SD/06/KPU/VI/2018, yang ditujukan kepada KPU Papua di mana salah satu poin menyatakan bakal pasangan calon (paslon) kepala daerah Paniai, Hengky Kayame-Yeheskiel Tenouye tidak memenuhi syarat calon. 

Meski dalam surat itu tertanggal, 12 Juni 2018, namun menurutnya, surat petunjuk KPU RI tersebut keluar bersamaan dengan putusan Panwaslu Paniai yang meminta KPU Paniai melakukan pleno ulang mengakomodir bakal paslon Hengky Kayame-Yeheskiel Tenouye sebagai salah satu paslon bersama Meki Nawipa-Oktopianus Gobai yang ditetapkan sebagai paslon tunggal oleh KPU setempat, 8 Juni 2018.

"Betul. Itu kan surat KPU RI keluar bersamaan dengan putusan Paniai. Makanya kami sampaikan putusan Paniai ini mau diapakan karena bersamaan dengan surat KPU RI," kata Tarwinto ketika dihubungi Jubi via teleponnya, Senin (18/6/2018).

Menurutnya, KPU Papua menerima surat petunjuk KPU RI dan putusan Panwas Paniai, 14 Juni 2018. Pihaknya kemudian mengkonsultasikan hal itu ke KPU RI dan KPU RI menyatakan putusan Panwas Panisis yang dilaksanakan karena merupakan putusan hukum. 

"Kami koordinasi dengan pimpinan, putusan Panwas yang harus dilaksanakan," ucapnya. 
Ketika Jubi mengkonfirmasi hal ini kepada pihak penyelenggara pilkada Paniai, dua komisioner KPU Paniai, Markus You dan Zebulon Gobai yang dihubungi Jubi via telepon dan pesan singkat belum memberikan jawaban hingga berita ini diterbitkan. 

Sementara Solidaritas Peduli Demokrasi Kabupaten Paniai dan mahasiswa Meepago mendesak semua pihak yang bersengkata dalam pilkada Paniai menyambut baik keputusan KPU RI itu.

Salah satu mahasiswa Meepago, Hengky Mote mengatakan, keputusan KPU RI itu merupakan dasar legal mengakhiri semua sengketa pilkada Paniai selama ini.

Menurutnya, tak ada alasan lagi untuk bakal calon yang gugur melakukan gugatan. "Mau menggugat dengan alasan hukum apa lagi? Emosi dan ambisi tak dapat dijadikan dasar hukum," kata Hengky Mote dalam keterangan pers, Sabtu (16/6/2018). (*)



 

loading...

Sebelumnya

Mimin: Jangan lagi ada noda pilkada di Papua 

Selanjutnya

Natan Pahabol: Konflik Pilkada juga disebabkan kepala daerah jadi tim sukses

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe