Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Dua kepala suku hibahkan hutan sagu sebagai lumbung pangan
  • Kamis, 21 Juni 2018 — 19:42
  • 1917x views

Dua kepala suku hibahkan hutan sagu sebagai lumbung pangan

Menurutnya, hutan sagu yang selama ini menjadi tempat pangan masyarakat adalah anugerah Tuhan bagi mereka di Kampung Kwadeware.
Salah seorang mama dari Korowai yang sedang meramu sagu kering dan ulat sagu untuk di bakar - Jubi / Engel Wally.
Engelbert Wally
Editor : Edho Sinaga

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Festival Sagu Papua (FSP) II di Kampung Kwadeware Distrik Waibhu Kabupaten Jayapura mendapat respons luar biasa dari pengunjung. Dalam kegiatan tersebut, Kepala Suku Kampung Kwadewar dan Kepala Suku Kampung Ifale menyatakan kesedian mereka untuk menyerahkan hutan sagu sebagai lumbung pangan bagi masyarakat.

“Hutan sagu kami luasnya 15 hektar, dan ini dikelola secara swadaya oleh marga Marweri, Marbase, dan Tungkoye,” jelas Kepala Suku Kwadeware Nikson Marweri saat ditemui di tempat kegiatan Festival Sagu II Kampung Kwadeware, Kamis (21/6/2018).

Menurutnya, hutan sagu yang selama ini menjadi tempat pangan masyarakat adalah anugerah Tuhan bagi mereka di Kampung Kwadeware.

“Hanya hutan sagu yang menjadi andalan kami, dan ini memang anugerah Tuhan bagi seluruh masyarakat kampung. Ke depan, kita berharap agar ada koordinasi dan sinergitas program pemerintah soal pangan dengan keberadaan hutan sagu kita,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Suku Kampung Ifale yang diwakili oleh Abhu Afa Alberth Suebu. Dikatakan hutan sagu milik Kampung Ifale seluas 25 hektar akan selalu dijaga dan dilestarikan menjadi lumbung pangan masyarakat. Ia berharap, ada perhatian dari Pemerintah untuk memberdayakan masyarakat agar lahan sagu dikelola secara optimal.

“Hutan seluas ini juga perlu ada sentuhan program dari pemerintah daerah melalui dinas terkait. Karena dalam hutan sagu kita tahu bisa juga dimanfaatkan untuk tanaman lain seperti pisang, sayur mayur dan lainnya,” ujar Suebu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Festival Sagu digelar di Kampung Kwadeware. Dalam kegiatan festival sagu kali ini ditampilkan aneka masakan yang terbuat dari sagu, yang didukung oleh para pegiat sagu se-Papua diantaranya Papua Junggle Chef, CPA Hirosi, KONOPA, Aktifis lingkungan se-Papua, musisi Papua, peneliti makanan lokal dari Norwegia, penggiat sagu Yapen,Merauke, dan Korowai, Javara. (*)

loading...

Sebelumnya

Potensi sagu di Kabupaten Jayapura belum digarap maksimal

Selanjutnya

Logistik pilgub di 18 distrik selesai didistribusikan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe