Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Perbanyak koneksi antar pulau Papua, ASDP akan bukan 13 lintasan laut
  • Rabu, 16 November 2016 — 12:28
  • 1838x views

Perbanyak koneksi antar pulau Papua, ASDP akan bukan 13 lintasan laut

"Ide yang mau kita kembangkan ialah memperkuat posisi ASDP di wilayah timur. Kita berupaya untuk bisa menambah kapal-kapal baru dan lintasan baru di wilayah timur," kata Faik.
Ilustrasi kapal ferry - IST
ANTARA
Editor : Kyoshi Rasiey
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Serang, Jubi - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) akan membuka 13 lintasan laut baru di wilayah Papua pada 2017 guna memperbanyak aksesibilitas koneksi antarpulau.

Pelaksana Tugas Direktur Utama ASDP Faik Fahmi di Pelabuhan Merak Cilegon Banten, Selasa (15/11/2016), mengungkapkan pembukaan lintasan laut di wilayah Timur Indonesia tersebut untuk mendukung program tol laut yang bertujuan menurunkan biaya angkutan logistik.

"Ide yang mau kita kembangkan ialah memperkuat posisi ASDP di wilayah timur.Kita berupaya untuk bisa menambah kapal-kapal baru dan lintasan baru di wilayah timur," kata Faik.

Dia menyebut saat ini biaya angkutan logistik Jakarta-Papua masih tergolong tinggi dibandingkan angkutan logistik dari Indonesia ke luar negeri.

Faik menjelaskan hal tersebut disebabkan oleh kapal yang hanya membawa logistik dari Jakarta ke Papua, sementara saat kembali dari Papua ke Jakarta kapal tidak membawa logistik.

"Karena angkutan itu tidak terisi dari dua sisi. Dari Jakarta terisi, sementara dari Papua kosong. Inilah sebenarnya peran ASDP yang sangat strategis untuk membangun pusat-pusat ekonomi baru di wilayah timur melalui aksesibilitas dari jaringan penyeberangan yang kita miliki," kata dia.

Bila posisi ASDP sudah diperkuat di wilayah timur, lanjut dia, akan ada pusat ekonomi yang bisa menghasilkan sesuatu dan kapal dari Papua ke Jakarta juga terisi logistik.

"Nanti dari dua sisi bisa terisi penuh sehingga tol laut itu biaya logistiknya akan turun karena bisa mengisi dari dua sisi," jelas dia.

Menurut Faik, ASDP mempunyai peranan yang sangat penting dalam membuka akses konektivitas pulau-pulau yang belum memiliki angkutan penyeberangan di Kawasan Timur Indonesia. (*)

loading...

Sebelumnya

Pemkab Asmat dan DPRD sepakat perpanjang bandara Agatz tahun depan

Selanjutnya

Wadubes AS cek program kerjasama di Papua

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe