Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Infrastruktur
  3. Wadubes AS cek program kerjasama di Papua
  • Kamis, 17 November 2016 — 11:45
  • 1137x views

Wadubes AS cek program kerjasama di Papua

"Sangat penting bagi kami untuk memiliki hubungan dengan pemerintah daerah karena Indonesia telah lama bekerja sama dengan Amerika Serikat," kata Brian McFeeters, di Jayapura, Rabu (16/11/2016).
Wakil Duta Besar di Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Brian McFeeters memberikan buku tentang lingkungan kepada Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal - Jubi/Alex
Alexander Loen
alex@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi - Wakil Duta Besar di Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Brian McFeeters bersama rombongan mengunjungi Provinsi Papua untuk melihat perkembangan program kerja sama di beberapa bidang,  seperti lingkungan hidup, perekonomian, dan pendidikan.

"Sangat penting bagi kami untuk memiliki hubungan dengan pemerintah daerah karena Indonesia telah lama bekerja sama dengan Amerika Serikat," kata Brian McFeeters, di Jayapura, Rabu (16/11/2016).

Ia mengaku, dirinya baru pertama kali berkunjung ke Papua. Meski begitu, dirinya berkesempatan mengetahui sampai sejauh mana perkembangan beberapa kerjasama yang telah dijalin seperti program USAID LESTARI, pendidikan dan semacam demokrasi umum.

"Disamping itu, kami juga memiliki kesempatan untuk mempelajari banyak hal seperti keinginan yang disampaikan wakil gubernur," ucapnya.

Selama di Papua, ujarnya, dirinya juga berkesempatan mengunjungi salah satu universitas di Papua dan membahas mengenai pendidikan yang dapat ditempuh di Amerika Serikat serta informasi mengenai hal tersebut.

"Saya sangat tertarik karena Papua adalah daerah yang sangat indah, produksi pertaniannya dan juga pengelolaan hutan, tanah melalui pelaksanaan program USAID LESTARI," katanya.

Brian McFeeters mengaku, pihaknya tidak bermasalah dengan keamanan di Papua, meskipun Amerika Serikat sudah berganti presiden, kerja sama yang telah terjalin akan tetap dijaga karena Indonesia sangat penting.

"Saya juga berkesempatan mengunjungi Freeport, meninjau secara langsung bagaimana Freeport beroperasi serta program yang dilakukan untuk provinsi, seperti Cooperate Social Responsibility (CSR), bidang pendidikan dan penduduk serta melihat banyak hal baik yang dilakukan oleh Freeport untuk Papua," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, mengatakan ini merupakan kunjungan rutin dan ada lima program umum yang dilakukan bersama pemerintah provinsi Papua, baik di bidang pendidikan, lingkungan, konserfasi hutan, ekonomi kapasitas building pemerintahan yang sudah berlangsung selama ini.

"Beliau mau lihat sendiri kira kira progresnya seperti apa, dan dari pemerintah sendiri beliau sudah mendengar masukan dari pemerintah dan pihak dewan," kata Tinal.

"Kami sangat berterimakasih, mengingat USAID banyak membantu masyarakat dan pemerintah melalui CSR, seperti Hiv Aids dan pendampingan di sekolah maupun perguruan tinggi. Ini yang tadi juga kami bicarakan," tambahnya. (*)

 

Tinggalkan Komentar :

Sebelumnya

Perbanyak koneksi antar pulau Papua, ASDP akan bukan 13 lintasan laut

Selanjutnya

Legislator : Apakah benar kabel optik putus atau ada permainan?

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe