Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lembar Olahraga
  3. Universitas Stirling Skotlandia mengunjungi Stadion Papua Bangkit
  • Rabu, 04 Juli 2018 — 04:20
  • 1822x views

Universitas Stirling Skotlandia mengunjungi Stadion Papua Bangkit

“Perlu sumber daya manusia (SDM) yang profesional dalam mengelola stadion ini,” kata Brian.
Brian Manikin, dosen di Universitas Stirling Skotlandia saat meninjau pembangunan Stadion Papua Bangkit – Jubi/Jean Bisay
Jean Bisay
Editor :

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Para mahasiswa dan dosen dari Universitas Stirling Skotlandia mengunjungi Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (3/7/2018) pagi.

Kunjungan ini terasa spesial sebab ditinjau langsung para mahasiswa Papua yang menimba ilmu di salah satu universitas tertua di Skotlandia itu, sekaligus dalam menyelesaikan tugas akhir.

Sebelum menyelesaikan tesis atau karya tulis ilmiah, mahasiswa Papua dari Universitas Stirling Skotlandia didampingi dosennya Brian Manikin mengunjungi stadion terbesar kedua di Indonesia ini.

Para mahasiswa dan Brian mendapat penjelasan mengenai pembangunan stadion maupun suskesnya penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 Papua dari Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Kadisorda) Papua Yusuf Yambe Yabdi.

Yusuf Yambe Yabdi bilang terkait hajatan PON di bumi Cenderawasih, pemerintah provinsi Papua melalui Dinas Olahraga dan Pemuda sedang mempersipkan infrastruktur untuk mendukung multi event nasional antar provinsi di tanah air itu.

Dijelaskan, infrastruktur seperti pembangunan stadion Papua Bangkit yang akan digunakan sebagai venue utama pembukaan dan penutupan PON.

Selain itu juga dilakukan renovasi beberapa venue di lima wilayah klaster penyelenggaraan PON seperti di Mimika, Biak, Merauke, Wamena dan Kabupaten/Kota Jayapura.

Yambe Yabdi menjelaskan,  selain venue yang dibangun oleh pemerintah Papua, Presiden Joko Widodo juga telah mengeluarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 Tahun 2017 tentang dukungan PON dan Peparnas di Papua.

Dimana, melalui Inpres tersebut, Kementerian PUPR akan membangunan lima venue PON dan dijadwalkan bulan depan pembangunan sudah dimulai. “proses lelang sudah selesai, mungkin bulan depan sudah mulai dibangun,” kata Yusuf.

Menurut Yambe Yabdi, pemerintah sudah berpikir kedepan bagaimana pengelolaan kawasan olahraga ini paska PON nanti. Dimana, dalam masterplan kawasan Kampung Harapan tidak hanya stadion saja, tetapi juga ada kawasan bisnis dan itu sudah masuk dalam perencanaan pembangunan kedepan.

Menopang rencana tersebut dalam waktu dekat akan dilakukan pelantikan pejabat eselon III dan membentuk BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) dengan tujuan mereka bisa menyusun konsep bisnis dari pengelolaan kawasan ini. Dengan begitu kawasan ini bisa tetap hidup kedepan.

Dosen Universitas Stirling Brian Manikin kepada wartawan disela-sela kunjungan ke Stadion Papua Bangkit, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Papua yang membangun stadion dengan fasilitas yang lengkap bertaraf internasional serupa stadion di luar negeri.

Namun, kata Brian tantangan yang akan dihadapi pemerintah adalah bagaimana mengelola kawasan olahraga ini supaya tetap hidup kedepan.

“Perlu sumber daya manusia (SDM) yang profesional dalam mengelola stadion ini,” kata Brian. (*)

loading...

Sebelumnya

Liga 3 Papua, Persewar pimpin grup C usai kalahkan Persiyamo

Selanjutnya

Hajar Persija 3-1, Perseru naik papan tengah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe