Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Mamta
  3. Pengunjung Kali Bak Sentani diminta jaga kebersihan lingkungan
  • Selasa, 17 Juli 2018 — 10:21
  • 424x views

Pengunjung Kali Bak Sentani diminta jaga kebersihan lingkungan

“Kami memiliki karyawan yang bekerja khusus untuk angkat sampah. Kami sebenarnya sudah siapkan tempat sampah dan kantong plastik sampah tapi masyarakat dorang tidak semuanya mau buang sampah di tempat yang sudah kami siapkan,” ucapnya.
Sampah di tempat wisata Kali Bak di kampung Harapan Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura - Jubi/Yance Wenda
Yance Wenda
Editor : Dewi Wulandari
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Obyek wisata Kali Bak di kampung Harapan Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura semakin ramai pengunjung. Sayangnya, masih banyak pengunjung di obyek wisata tersebut yang belum sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Masih banyak sampah berserakan di sana, padahal pihak pengelola sudah menyediakan tempat sampah.

Pantauan Jubi di tempat wisata Kali Bak, Senin (16/7/2018), ada banyak sampah plastik dan botol-botol air mineral yang dibuang bukan pada tempatnya. Ada juga sampah popok bayi yang dibuang di kolong pondok yang menjadi tempat istirahat para pengunjung di Kali Bak.

Edwar Tatungu, pengelola wisata alam Kali Bak, mengatakan kesadaran masyarakat yang berkunjung di tempat ini untuk menjaga kebersihan lingkungan masih kurang. Banyak dari mereka yang belum sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Kami memiliki karyawan yang bekerja khusus untuk angkat sampah. Kami sebenarnya sudah siapkan tempat sampah dan kantong plastik sampah tapi masyarakat dorang tidak semuanya mau buang sampah di tempat yang sudah kami siapkan,” ucapnya.

Tatungu mengakui pihaknya memang belum memasang papan berisi imbauan kepada pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya. Namun tanpa ada imbauan tertulis pun seharusnya para pengunjung bisa sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

Kalo petugas dorang kasih bersih itu ada sampah popok bayi, pembalut, dan sampah lainnya yang dipungut di rumput-rumput. Ada juga yang dibuang di kali,” ucap Tatungu.

Ia menambahkan sampah-sampah itu akan dipilah. Sampah yang tidak bisa didaur ulang akan dikubur.

“Sampah plastik dan botol-botol minuman akan didaur ulang,” katanya.

Ia berharap masyarakat yang berkunjung ke Kali Bak dapat menjaga kebersihan di tempat wisata ini agar terlihat bersih dan indah.

“Kita yang di Jayapura jangan mau kalah dengan mereka yang Biak sana. Mereka di sana itu bersih sekali dan di Papua sini kota Biak itu yang jadi kota percontohan dalam kebersihan, bebas dari sampah,” kata Tatungu.  

Seorang pengunjung Kali Bak, Liliyanti, mengatakan soal kesadaran untuk menjaga lingkungan tidak harus ada teguran ataupun pengumuman dulu, baru kemudian sadar.

“Kita harus sadar dan memahami dalam membuang sampah. Kalo sampah kita buang di tempatnya maka kebersihan akan terjaga,” ucapnya.

Liliyanti menambahkan jika tempat ini bersih, akan membuat pengunjung betah untuk bermain di tempat wisata ini.

“Memang ada yang tidak sadar buang di kali dan di lingkungan kali ini sebenarnyaitu tidak boleh,” katanya. (*)

loading...

Sebelumnya

Jamaah calhaj Kota Jayapura mulai berangkat ke Tanah Suci 30 Juli

Selanjutnya

Hari kelima, pencarian warga hilang di perairan Sarmi, belum ditemukan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe