close
Iklan Kominfo
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. PM Kepulauan Solomon angkat bicara soal kelangkaan obat
  • Rabu, 18 Juli 2018 — 07:28
  • 419x views

PM Kepulauan Solomon angkat bicara soal kelangkaan obat

“Sekarang, kita sudah memiliki semua obat-obatan penting yang paling diperlukan di NRH dengan stok akhir akan disalurkan minggu ini,” katanya.
Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Rick Houenipwela, dan Sekretaris tetap Kementerian Kesehatan dan Pelayanan Medis, Dr. Tenneth Dalipanda. - Solomon Star
Elisabeth Giay
Editor : Galuwo

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi - Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Rick Hou, menjelaskan bahwa kelangkaan pasokan obat dan alat medis penting lainnya di Rumah Sakit Nasional, National Referral Hospital (NRH), di Honiara disebabkan oleh masalah komunikasi yang buruk serta masalah prosedur berkepanjangan dalam pengadaan obat-obatan tersebut.

PM Hou mengutarakan penjelasan ini kepada media, Minggu (15/7/2018) lalu, dalam konferensi pers mendadak. Namun, dia lalu menekankan bahwa persoalan kelangkaan obat ini sekarang di bawah kendali.

“Sekarang, kita sudah memiliki semua obat-obatan penting yang paling diperlukan di NRH dengan stok akhir akan disalurkan minggu ini,” katanya.

Masalah keterbatasan obat-obatan ini dikarenakan proses pengadaan yang terhambat dan kurangnya komunikasi dari staf yang bertanggung jawab dalam Kementerian Kesehatan, tutur PM Hou.

Dia mengungkapkan bahwa beberapa pekerja kementerian tidak berkomunikasi dengan National Medical Store, yang bekerja di bawah divisi pelayanan kefarmasian Kementerian Kesehatan, setelah stok obat dinyatakan habis di NRH.

“Ada beberapa jenis obat yang masih tersisa di National Medical Stores. Namun karena kurangnya komunikasi, hal ini menghambatnya distribusi obat-obat ke NRH,” tambahnya.

Selanjutnya, PM Hou menambahkan bahwa pemesanan obat-obatan medis itu berbeda dengan pemesanan produk lainnya, seperti produk mi, karena mereka harus menunggu perusahaan-perusahaan produksi farmasi untuk memproduksi pesanan mereka terlebih dahulu.

Selain itu, PM Hou juga mengatakan dalam sistem pengadaan obat dalam negeri, daftar obat yang dipesan harus melalui dua dewan tender sebelum dapat disetujui.

Menurutnya, semua proses ini mengakibatkan waktu yang cukup lama sebelum pesanan dapat didatangkan.

Meskipun tersendat-sendat, PM Hou meyakinkan semua pihak bahwa masalah ini sekarang berada di bawah kendali dan menyanggah kritik media.

Sekretaris tetap Kementerian Kesehatan dan Pelayanan Medis, Dr Tenneth Dalipanda, juga turut hadir dalam konferensi pers tersebut.

Sementara itu, blok oposisi Parlemen Kepulauan Solomon telah menegaskan kembali seruan mereka agar Dr Tenneth Dalipanda dicopot dari jabatannya.

Masalah lain terkait krisis kesehatan negara itu , menurut laporan majalah Solomon Business Magazine, Rumah Sakit NRH bukan hanya kehabisan stok obat, namun juga menggunakan obat yang sudah kedaluwarsa untuk mengobati pasien.

Pihak berwenang di bidang kesehatan dikatakan sedang bekerja keras untuk memastikan stok obat esensial dapat didatangkan melalui udara dan laut hingga September mendatang. (Fiji Times)

loading...

Sebelumnya

Rayakan kemerdekaan i-Kiribati, artefak dipamerkan

Selanjutnya

Kapal Rumah Sakit Tiongkok kunjungi Pasifik

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4901x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4222x views
Lembar Olahraga |— Rabu, 10 Oktober 2018 WP | 2971x views
Otonomi |— Rabu, 17 Oktober 2018 WP | 2437x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe