Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Penkes
  3. Dinkes Papua: 100 ribu vaksin untuk 1 juta anak di Papua
  • Jumat, 20 Juli 2018 — 17:12
  • 805x views

Dinkes Papua: 100 ribu vaksin untuk 1 juta anak di Papua

"Sudah ada sekitar 40 ribu vaksin yang kami distribusikan ke kabupaten/kota yang ada di Papua. Sisanya masih menyusul karena pengiriman dari Jakarta bertahap," katanya.
Para petugas Dinas Kesehatan Provinsi Papua saat mengecek vaksi yang akan di kirim ke sejumlah daerah di Papua - Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi - Dinas Kesehatan Provinsi Papua melalui Bidang Pemberantasan Penyakit Manular (P2M) telah menyiapkan 100 ribu vaksin campak dan rubella yang akan diberikan kepada satu juta balita dan anak yang ada di Provinsi Papua.

Hal ini dikatakan Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Manular (P2M) Dinas Kesahatan Papua dr. Aaron Rumainum kepada wartawan, Jumat (20/7/2018) di Jayapura.

"Sudah ada sekitar 40 ribu vaksin yang kami distribusikan ke kabupaten/kota yang ada di Papua. Sisanya masih menyusul karena pengiriman dari Jakarta bertahap," katanya.

Menurut Rumainum, pengiriman tersebut harus dibagi menjadi empat tahap mengingat baru ada satu alat penyimpanan cold room (kamar pendingin) berkapasitas besar dari vaksin itu sendiri di Provinsi Papua.

"Cold room disini hanya berkapasitas 20 ribu vaksin. Jadi bertahap, di mana setelah tiba di Jayapura ssebelum dilakukan distribusi ke daerah kami menyimpannya di sini dulu.  Selanjunya ketika sudah didistribusikan dari Jayapura ke daerah baru akan dilakukan pengiriman lagi dari Jakarta," ujarnya.

Dikatakan bahwa untuk Jumat (20/7/2018) akan masuk lagi sekitar 35 ribu vaksin.

"Siang ini sudah masuk lagi, makanya yang ada saat ini di cold room lagi dalam proses pengiriman ke daerah. Karena di daerah juga sudah ada puskesmas yang memiliki cold chain (kulkas penyimpan vaksin atau vaksin revrigator)," katanya.

Dilain pihak, Dinas Kesehatan Kota Jayapura berencana memaksimalkan kerja sama dengan lintas sektor terkait pencanangan imunisasi campak dan rubella. Langkah yang akan dilakukan yakni memobilisasi anak yang berusia sembilan bulan hingga 15 tahun untuk mendapatkan imunisasi campak dan rubella.

"Jadi kami mulai menyisir anak-anak di PAUD, posyandu dan ke sekolah-sekolah yang akan kita kerjakan di bulan Juli, Agustus dan September tahun 2018," ujar Kepala Dinas kesehatan kota Jayapura dr Ni nyoman Sri Antari.

Ia menjelaskan, anak yang ditargetkan untuk mengikuti imunisasi campak dan Rubella berjumlah lebih dari 86 ribu anak dari seluruh kampung yang ada di kota Jayapura mulai dari  usia sembilan bulan sampai 15 tahun.  Rencana pencanangan imunisasi massal ini akan berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2018, bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Sedangkan untuk Kabupaten Jayawijaya akan melakukan peluncuran kampanye imunisasi campak dan rubella pada awal Agustus mendatang di 40 distrik yang ada.

"Rencananya, peluncuran akan digelar pada 2 Agustus 2018, sekaligus mencanangkan gerakan aksi penanggulangan Tuberculosis (TB)," kata Kepala dinas kesehatan Jayawijaya, Willy Mambieuw kepada wartawan di Wamena belum lama ini. (*)

loading...

Sebelumnya

Baru 354 puskesmas di Papua yang miliki cold chain

Selanjutnya

Kota Jayapura curi start pelaksanaan imunisasi MRP

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe