close
Iklan Kominfo
Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Berita Papua
  3. KPU diminta pastikan keabsahan domestik dan logistik Pilkada Paniai
  • Minggu, 22 Juli 2018 — 20:36
  • 1364x views

KPU diminta pastikan keabsahan domestik dan logistik Pilkada Paniai

ada indikasi ketidakberesan dalam pengadaan logistik surat suara dua paslon yang diurus sekretaris KPU Paniai secara diam-diam, tanpa ada pleno resmi oleh KPU Paniai.
ilustrasi .dok. Jubi
Abeth You
Editor : Syam Terrajana

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Paniai, Jubi – Usai penetapan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil Bupati Paniai, Meki Nawipa dan Oktopianus Gobai lawan kotak kosong oleh KPU Paniai pada 7 Juni 2018 lalu, ada oknum yang bekerja di sekretariat KPU setempat justru secara diam-diam mencetak alat peraga kampanye dua paslon, yakni Hengky Kayame – Yeheskiel Tenouye dan Meki Nawipa – Oktopianus Gobai.

Sekretaris KPU Paniai berinisial YP dinilai telah melanggar peraturan perundang-undangan lembaga penyelenggaraan pemilu . Bahkan saat itu, Zebulon Gobay, anggota KPU Paniai non aktif mengakui, pihaknya tidak pernah melakukan pleno penetapan terkait pencetakan logistik pemilu.

“Bahkan ketua KPU Paniai tidak pernah tanda tangan surat perintah kerja. Jadi kalau rekanan percetakan melihat adanya tanda tangan komisioner KPU Paniai, berarti itu pemalsuan dokumen,” kata Zebulon Gobai kala itu.

Mencermati dinamika ini, Ketua Solidaritas Peduli Masyarakat dan Pembangunan Paniai (SPMPP), Tinus Pigai menduga keras ada indikasi ketidakberesan dalam pengadaan logistik surat suara dua paslon yang diurus sekretaris KPU Paniai secara diam-diam, tanpa ada pleno resmi oleh KPU Paniai.

“Kalau sampai terjadi berarti itu kategori pelanggaran pidana. KPU Papua segera memastikan legalitas dokumen pengadaan logistik dan anggarannya, untuk menciptakan Pilkada Paniai baik dan aman,” kata Tinus Pigai kepada Jubi, Sabtu, (21/8/2018).

Ia membeberkan fungsi sekretaris KPU, yakni membantu penyusunan program dan anggaran Pemilu di daerah setempat, memberikan pelayanan teknis pelaksanaan Pemilu dan memberikan pelayanan administrasi yang meliputi ketata usahaan.

“Seorang sekretaris tidak punya hak untuk monopoli tugas pokok yang melekat pada komisioner KPU yaitu menyelenggarakan pemilihan umum,” katanya.

Ia meminta kepada semua PPD di Kabupaten Paniai agar memastikan keaslian hologram yang ada di model C1-KWK.

Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay meminta kepada semua pihak di Paniai agar bersatu padu menyelenggarakan Pilkada yang sempat tertunda, pada 25 Juli 2018 mendatang.

“Saya harap semua pihak mendukung keinginan KPU untuk segera gelar Pilkada Paniai ini dengan baik. Kita tidak boleh mengukur waktu lagi, ini agenda nasional,” katanya.(*)


 

loading...

Sebelumnya

Paduan suara SMAN 1 Nabire wakili Papua di ajang internasional di Bali

Selanjutnya

Ikut diklat kepemimpinan, ASN diharap bawa perubahan

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer
Dunia |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4884x views
Polhukam |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 4315x views
Polhukam |— Minggu, 14 Oktober 2018 WP | 4185x views
Advertorial |— Selasa, 09 Oktober 2018 WP | 3509x views
Lembar Olahraga |— Rabu, 10 Oktober 2018 WP | 2958x views

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe