Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Kilang produksi sagu sudah ada di Unurumguay
  • Senin, 23 Juli 2018 — 08:54
  • 549x views

Kilang produksi sagu sudah ada di Unurumguay

“Kilang produksi sagu ini dioperasikan oleh Pak Darsono. Dia mengambil bahan baku sagu dari masyarakat yang datang menjual kepadanya. Tidak pasti berapa harganya yang dibeli dari masyarakat, tetapi bahan baku sagu diolah dan dibawa keluar,” ungkap Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura, Louis Nauw.
Ilustrasi, kilang sagu milik PT National Sago Prima di Kampung Tanjung Bandul Kabupaten Meranti - Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Kilang dan mesin produksi sagu di Kabupaten Jayapura sudah ada di Distrik Unurumguay yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Hal ini baru diungkap oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Jayapura, Louis Nauw, saat dihubungi melalui telepon selulernya di Sentani, Senin (23/7/2018).

Nauw mengatakan kilang produksi sagu tersebut telah mengirim hasil sagu masyarakat ke Surabaya melalui jalur laut setiap bulan sebanyak dua kontainer.

“Kilang produksi sagu ini dioperasikan oleh Pak Darsono. Dia mengambil bahan baku sagu dari masyarakat yang datang menjual kepadanya. Tidak pasti berapa harganya yang dibeli dari masyarakat, tetapi bahan baku sagu diolah dan dibawa keluar,” ungkapnya.

Nauw mengatakan pihaknya sudah mendatangi kilang produksi sagu itu. Ke depannya, kata Nauw, Distrik Unurumguay termasuk dalam program budidaya sagu melalui lahan yang sudah disiapkan.

“Kalau sudah ada kilang seperti ini, tinggal bagaimana kita kelola lahan sagunya yang harus dilakukan oleh masyarakat setempat sebagai pemilik hak ulayat. Sehingga ada nilai tambah untuk peningkatan ekonomi masyarakat melalui budidaya sagu,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, mengatakan akan meninjau kembali fasilitas kilang produksi sagu yang telah dibangun oleh PT Sampoerna di Lereh. Perusahaan tersebut tidak jadi beroperasi karena minimnya bahan baku yag dibutuhkan dalam jumlah besar.

“Untuk produksi sagu tentunya ketersediaan bahan baku harus banyak, tetapi yang terpenting di ini adalah bagaimana melakukan percepatan pertumbuhan sagu di Kabupaten Jayapura. Melalui dinas terkait kita sudah melakukan kerja sama dengan para peneliti dari ITB Bandung,” kata Bupati Awoitauw. (*)

loading...

Sebelumnya

Bupati minta masyarakat kembali kelola hutan sagu

Selanjutnya

Napi yang kabur dari Lapas Narkotika Doyo sempat dihadang petugas

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe