Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Pasifik
  3. Radio ABC Australia ditinjau, PMC pun terlibat
  • Jumat, 10 Agustus 2018 — 05:57
  • 299x views

Radio ABC Australia ditinjau, PMC pun terlibat

Radio ABC telah mematikan layanan radio gelombang pendek ke wilayah Pasifik sejak tahun 2017.
Dihentikannya layanan siaran radio ABC Australia ke kawasan Pasifik adalah kehilangan yang menyedihkan bagi komunitas dan budaya Pasifik. - Asia Pacific Report/ ABC Pacific Beat
Elisabeth Giay
Editor : Galuwo
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Auckland, Jubi - Dihentikannya layanan siaran radio ABC Australia ke kawasan Asia-Pasifik, telah melemahkan hubungan antara banyak komunitas di kawasan itu dengan ‘dunia luar’, menurut Pacific Media Center (PMC).

Dalam sebuah proposal publik tentang tinjauan Pemerintah Australia mengenai layanan siaran radio ke wilayah tersebut, PMC mengatakan bahwa situasi ini telah memaksa Radio New Zealand, untuk menggunakan lebih banyak sumber daya mereka agar bisa ‘menggantikan’ layanan radio ABC yang absen.

Radio ABC telah mematikan layanan radio gelombang pendek ke wilayah Pasifik sejak tahun 2017.

Meminta ABC untuk memulai kembali layanannya, PMC menjelaskan bahwa “hilangnya siaran radio Australia dari Pasifik Selatan adalah kehilangan yang menyedihkan bagi komunitas dan budaya Pasifik - seperti yang kami pahami dengan mendalam setelah berbagai studi dan latihan produksi media kami sendiri di pusat PMC ini”.

PMC yang berbasis di Auckland University of Technology (AUT) mengatur situs berita independen Asia Pacific Report, pengawas kebebasan media Pacific Media Watch, serta publikasi lainnya termasuk Pacific Journalism Review, dll.

Koordinator bagian Radio AUT di Fakultas Ilmu Komunikasi, Dr. Matt Mollgaard, menekankan pentingnya layanan radio dari negara-negara seperti Australia dan Selandia Baru ke kawasan Pasifik Selatan.

“[Layanan siaran radio] membantu memperkuat media-media lokal di daerah Kepulauan Pasifik, membantu mendorong perkembangan demokrasi di wilayah ini,” kata Dr. Mollgaard dalam jurnal penelitiannya di Pacific Journalism Review (PJR), dan yang dikutip dalam proposal PMC.

Dr. Mollgaard menegaskan bahwa siaran radio seperti RNZ Pacific dan Radio Australia oleh ABC, merupakan contoh media yang penting untuk menunjukkan penegakkan kebebasan media dan mendorong demokrasi.

Proposal PMC disusun oleh direkturnya, Profesor David Robie, dan anggota dewan editorial PJR, Dr. Lee Duffield.

Tinjauan pemerintah Australia terhadap pemutusan layanan siaran radio dilakukan, untuk menilai jangkauan media Australia di kawasan Asia-Pasifik, dan apakah siaran radio gelombang pendek adalah teknologi yang sudah ketinggalan zaman.

Semua proposal publik yang diterima sejauh ini mendukung kembalinya layanan tersebut. Salah satunya disusun oleh aktivis pembangunan, Elizabeth Cox, lebih dari 40 tahun hidup dan bekerja di Papua Nugini. Cox menyerukan agar, bukan hanya layanan ini dikembalikan, namun juga ditingkatkan untuk mencakup siaran dalam bahasa Tok Pisin.

Daily Post dari Vanuatu juga telah menyerukan agar layanan ini dimulai kembali. (Asia Pacific Report)

loading...

Sebelumnya

Video viral kebrutalan polisi PNG bukti masalah mendalam

Selanjutnya

Bayi-bayi Pasifik hadapi masalah kesehatan akibat Zika

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe