Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Dunia
  3. Di Turki, ribuan orang protes represi atas Partai Kurdish
  • Senin, 21 November 2016 — 15:45
  • 864x views

Di Turki, ribuan orang protes represi atas Partai Kurdish

Ribuan pemrotes Turki turun ke jalan-jalan di Istanbul melawan represi terhadap partai pro-Kurdi paling dominan, juga represi terhadap para pengacara dan bupati di bagian tenggara negeri itu serta media-media oposisi  pasca kudeta Juli lalu.
Pemrotes mengusung poster-poster, diantaranya tertulis “Kami tak akan menyerah” selama demonstrasi di Istanbul, Turki, 20/11/2016 – AFP
Editor : Zely Ariane

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Presiden Erdogan melancarkan represi besar-besaran terhadap partai kiri HDP (Partai Rakyat Demokratis) menangkap belasan pemimpinnya dan ribuan politisi di negeri itu.

Meski berada dalam situasi paling represif sepanjang masa, ribuan pemrotes Turki turun ke jalan-jalan di Istanbul melawan represi terhadap partai pro-Kurdi paling dominan, juga represi terhadap para pengacara dan bupati di bagian tenggara negeri itu, dan media-media oposisi  pasca kudeta Juli lalu.

Dilansir Telesur English, Minggu (20/11/2016), setidaknya 5,000 orang, terutama para pendukung partai pro Kurdi, Partai Rakyat Demokratis, yang merupakan partai oposisi parlemen terbesar kedua di negeri itu, berkumpul melakukan aksi, Minggu (20/11). Para pendukung datang dari Partai Rakyat Republikan yang sekuler. Semuanya berkumpul dan menyerukan “bahu membahu melawan fasisme.”

Awal bulan ini sekitar 10 pengacara dari HDP, termasuk pemimpinnya Selahattin Demirtas dan Figen Yukseksag, ditahan atas tuduhan memiliki hubungan dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang berorientasi Marxis, yang melakukan serangan kembali atas Ankara tahun lalu setelah pembicaraan damai selama dua tahun untuk mengakhiri konflik berkepanjangan dibatalkan oleh pemerintah Turki.

Beberapa bupati, terutama di wilayah tenggara Turki, adalah bagian dari politisi yang ditahan oleh pemerintah atas tuduhan serupa, memiliki hubungan dengan PKK.

Turki mendeklarasikan keadaan darurat setelah gagalnya upaya kudeta di bulan Juli, dimana lebih dari 110,000 orang diberhentikan atau diskors dari kemiliteran, pegawai negeri sipil, kehakiman, dan lainnya. Sementara 36,000 orang telah dipenjara, namun belum disidangkan sebagai bagian investigasi terhadap kudeta yang gagal itu.

Sejak upaya kudeta itu, 170 surat kabar, majalah, stasiun televise, dan kantor-kantor berita ditutup, membuat sekitar 2500 jurnalis menjadi penganggur, demikian menurut pernyataan asosiasi jurnalis Turki bulan lalu.

Protes hari Minggu tersebut dilakukan satu hari setelah ribuan orang memprotes Partai penguasa AK karena mengajukan rancangan UU awal minggu ini yang membolehkan tertuduh kekerasan seksual menghindari hukumannya dengan menikahi korban.(*)

loading...

Sebelumnya

Protes Standing Rock: bentrokan dengan polisi soal pipa Dakota Access

Selanjutnya

Musik Hitam adalah perlawanan, cara menggenggam identitas

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe