Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Otonomi
  3. Kepala daerah sepakat tandatangani perjanjian APIP-APH
  • Senin, 20 Agustus 2018 — 20:54
  • 301x views

Kepala daerah sepakat tandatangani perjanjian APIP-APH

Upaya untuk menyamakan persepsi dalam penanganan pengaduan masyarakat, serta menindaklanjuti pengawasan daerah dalam pencegahan tindak pidana korupsi,
Suasana sosialisasi dan penandatanganan APIP-APH - Jubi/Alex
Alexander Loen
Editor : Syam Terrajana
LipSus
Features |
Kamis, 20 September 2018 | 09:41 WP
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi - 29 kepala daerah di Papua bersama Kapolres dan Kajari sepakat menandatangani perjanjian kerjasama tentang koordinasi Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam penanganan pengaduan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan di Sasana Krida Kantor Gubernur jalan Soa Siu Dok II Jayapura, Senin (20/8/2018) dan disaksikan langsung oleh Inspektorat Jenderal Kemendagri Sri Wahyuningsih, Inspektur Papua, Anggiat Situmorang, Bareskrim, Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen serta jajaran Forkompimda lainnya.

"Ini merupakan upaya untuk menyamakan persepsi antara APIP dan APH dalam penanganan pengaduan masyarakat, serta menindaklanjuti kebijakan pengawasan daerah dalam rangka pencegahan tindak pidana korupsi," kata Inspektorat Jenderal Kemendagri, Sri Wahyuningsih.

Selain menyamakan persepsi, ujar ia, penandatanganan juga sebagai upaya memaksimalkan pengurangan penyalahgunaan anggaran di daerah. Sebab kata ia, selama ini perjalanan APIP-APH belum optimal.

“Harapan saya, dengan adanya sinergi dapat mengurangi ekses-keses dilapangan, supaya penegakan hukum ada kemanfaatannya,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen mengatakan pemerintah provinsi Papua sejak dengan pendampingan KPK telah menerapkan e-planing, e-budgeting, e-samsat dan lainnya, yang mana semuanya berjalan atas semua dukungan stakeholders.

Di samping itu, keterbatasan infrastruktur dan sumber daya manusia, yang mana sampai hari ini ada Kapolres yang harus membawahi lebih dari satu kabupaten, sama dengan halnya dengan Kajari, tetapi dengan komitmen kuat dipastikan mampu menjalankan pemerintahan dengan sangat baik.

Untuk itu, ujar ia, koordinasi APIP dan APH bukan untuk melindungi kejahatan atau menutupi tindakan pidana, namun hukum pidana merupakan tindakan penyelenggara pemerintah, sehingga pembangunan secara nasional dapat berjalan.

"Koordinasi APIP-APH dalam penanganan pengaduan masyarakat mempunyai landasan hukum yang kuat, sehingga apa yang dilakukan hari ini merupakan kewajiban kami selaku penyelenggaraan negara untuk menindaklanjuti amanah undang-undang," kata Hery.

Menanggapi itu, Hery tekankan, mulai sekarang mahar untuk menjadi pejabat daerah, sekretaris daerah, kepala dinas, kepala bagian sampai kepala sekolah merupkan praktek korupsi yang harus dihentikan.

"Setoran untuk satu tanda tangan pada lembar izin usaha juga merupakan contoh korupsi yang harus segera dihentikan," ujarnya. (*)


 

loading...

Sebelumnya

2018 mau habis, OPD diimbau segera evaluasi program terlaksana

Selanjutnya

Bupati Puncak Jaya sampaikan belasungkawa untuk dua korban anggota TNI

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe