Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide
  1. Home
  2. Nasional & Internasional
  3. BK sudah terima pengunduran diri tiga legislator Papua
  • Selasa, 22 November 2016 — 18:14
  • 1173x views

BK sudah terima pengunduran diri tiga legislator Papua

Menurutnya, jika semua proses telah dipenuhi, nantinya Menteri Dalam Negeri akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pemberhantian para legislator Papua itu. Hal itu wajib lantaran merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi para calon.
Kantor DPR Papua - Dok. Jubi
Arjuna Pademme
harjuna@tabloidjubi.com
Editor : Kyoshi Rasiey

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi - Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR Papua, Maria Duwitau menyatakan pihaknya sudah menerima surat pengunduran diri tiga legislator Papua yang akan bertarung dalam Pilkada Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura pada Pilkada serentak 2017 mendatang.

Ia mengatakan, tiga legislator Papua yang akan bertarung dalam Pilkada serentak mendatang yakni, Wakil Ketua III DPR Papua, Yanni yang mencalonkan diri sebagai Bupati Jayapura berpasangan dengan Zadrak Afasedanya, Boy Markus Dawir (BMD) mencalonkan diri sebagai Wali Kota Jayapura berpasangan dengan Nur Alam dan Rustan Saru mencalonkan diri sebagai Waki Wali Kota Jayapura berpasangan dengan calon Wali Kota, Benhur Tomi Mano (BTM).

"Ya kami di BK sudah menerima surat tembusan pernyataan penunduran diri tiga anggota DPR Papua yang akan ikut Pilkada 2017 mendatang. Kini tinggal menunggu proses selanjutnya dari lembaga dan partai pengusung mereka ketika mencalonkan diri sebagai anggota DPR Papua lalu," kata Maria Kepada Jubi, Selasa (22/11/2016).

Menurutnya, jika semua proses telah dipenuhi, nantinya Menteri Dalam Negeri akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pemberhantian para legislator Papua itu. Hal itu wajib lantaran merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi para calon.

"Aturannya memang seperti itu. Kalau tidak, anggota dewan yang ikut Pilkada bisa digugurkan. Jadi kini tinggal diproses secara kelembagaan dan partai. Nanti partai yang mengusung mereka ketika Pileg lalu yang akan memutuskan siapa yang mengganti posisi anggota dewan itu di DPR Papua," ucapnya.

Katanya, tiga anggota DPR Papua yang akan ikut Pilkada itu berasal dari tiga partai politik yakni Yanni dari Gerindra (Wakil ketua III DPR Papua/Ketua DPD Gerindra Papua), Boy Markus Dawir dari Demokrat (Ketua Komisi IV DPR Papua/Pengurus DPD Demokrat Papua) dan Rustan Saru dari PAN (Anggota Komisi III DPR Papua/Ketua DPC PAN Kota Jayapura).

Sementara Boy Markus Dawir menyatakan menyerahkan surat pengunduran dirinya ke DPR Papua, 23 Oktober 2016, sehari sebelum KPUD Kota Jayapura menetapkan ia dan pasangannya, Nur Alam sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura.

"Ketika akan mendaftar, saya sudah menyampaikan kepada Ketua DPR Papua kalau saya akan mencalonkan diri. Sebelum penetapan KPUD, saya menyerahkan pengajuan pengunduran diri kepada pimpinan dewan," kata Boy kepada Jubi belum lama ini.

Menurut dia, pihaknya diberikan waktu 60 hari atau hingga 22 Desember 2016, mengajukan pengunduran diri paska ditetapkan sebagai calon Wali Kota Jayapura.

"Jika tidak mengundurkan diri dan Mendagri tak mengeluarkan SK pemberhentian anggota DPR Papua, saya pasti gugur. Kini pengurus Partai Demokrat, sedang memproses Pergantian Antar Waktu (PAW) saya," ucapnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Protes militer Indonesia, bendera Bintang Fajar dikibarkan depan KRI Banda Aceh

Selanjutnya

Ini fakta dan kesimpulan Komnas HAM atas Kasus Sanggeng Berdarah

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga
Terkini

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : redaksionline@tabloidjubi.com

Copyright © 2016. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe