Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Lapago
  3. Tekan impor, masyarakat di Yahukimo dibekali cara bercocok tanam
  • Rabu, 12 September 2018 — 19:56
  • 991x views

Tekan impor, masyarakat di Yahukimo dibekali cara bercocok tanam

Pemerintah berharap, setelah acara pelatihan,  para peserta bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat saat kembali ke kampung masing-masing.
Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Yahukimo Epenus Yalak, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Yahukimo Adrial Boream, Kasi Hortikultura Yoneka Yalak, dan dari Balai Latihan Masyarakat Jayapura Provinsi Papua dan Papua Barat Charles Mambilong dan Tien Sandra Ronsumbre di Dekai Yahukimo - Dok Humas
Piter Lokon
Editor : Edho Sinaga
LipSus
Features |
Rabu, 19 September 2018 | 16:08 WP
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 18:26 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Manado, Jubi  - Puluhan masyarakat kampung di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo mengikuti kegiatan pelatihan teknik budidaya padi yang baik dengan tujuan mengoptimalkan sektor pertanian di kampung tersebut.

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Distrik bekerjasama dengan Balai Latihan Masyarakat Jayapura, Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Sebanyak 30 peserta datang dari lima kampung di Distrik Dekai yakni Kampung Dekai, Kampung Tomon Satu, Kampung Tomon Dua,  Kampung Kiribun, dan Kampung Muruku.

Panitia penyelenggara kegiatan dari Balai Latihan Masyarakat Jayapura Provinsi Papua dan Papua Barat, Carles Mambilong mengatakan Yahukimo merupakan Kabupaten ketiga yang mendapatkan pelatihan ini.

“Setelah dua Kabupaten kami lakukan dan kini di Kabupaten Yahukimo merupakan pertama kalinya. Tujuan dari pada pada pelatihan ini agar bagaimana mengajak petani lokal untuk membudidayakan untuk menanam pertanian yaitu bagaimana tanam rica yang baik, tomat,  kacang, bawang, dan lain-lain yang selama ini impor dari luar Yahukimo,” katanya.

Dikatakan Charles, Balai Latihan Masyarakat Jayapura Provinsi Papua dan Papua barat baru bentuk tiga tahun lalu oleh Kementerian Desa dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Tujuan dari pada pada pelatihan ini agar petani lokal mampu membudidayakan tanaman hortikultura dengan baik. Selama ini bahan pangan hortikultura selalu didatangkan dari luar Yahukimo.

“Agar kiranya tidak lagi bergantung pada barang impor tetapi masyarakat Yahukimo sendiri yang pelaku ekspor ke daerah lain dengan pelatihan ini,” harapnya.

Di akhir pelatihan, masing-masing peserta mendapatkan bantuan bibit rica, tomat, kacang, jagung.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Yahukimo Epenus Yalak yang hadir mewakili Bupati mengatakan, kegiatan pendampingan dan pelatihan semacam ini penting untuk terus digelar di Yahukimo.

“Kegiatan pelatihan seperti ini merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kemandirian masyarakat Yahukimo melalui usaha pertanian serta bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan sehingga saat melaksanakan proses budidaya tanaman hortikultura, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” ujarnya seperti rilis yang diterima Jubi.

Pemerintah berharap, setelah acara pelatihan,  para peserta bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat saat kembali ke kampung masing-masing.

Acara pelatihan ini juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Yahukimo Adrial Boream, Kasi Hortikultura Yoneka Yalak, dan juga Yunus Kenaggalem. (*)

loading...

Sebelumnya

Pdt Benny Giay: perempuan jangan jadi hamba laki-laki

Selanjutnya

Binmas Noken Polres Jayawijaya terima bantuan alat pertanian

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe