Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Polhukam
  3. Bupati Puncak Jaya klaim pergantian 302 kepala kampung sudah prosedural
  • Kamis, 13 September 2018 — 20:53
  • 1726x views

Bupati Puncak Jaya klaim pergantian 302 kepala kampung sudah prosedural

Sudah 18 tahun para kepala kampung ini menjabat namun hanya sekali dilantik.
Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Yuni Wonda saat memberikan keterangan kepada wartawan – Jubi/Roy Ratumakin.
Roy Ratumakin
Editor : Syam Terrajana
LipSus
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 18:26 WP
Features |
Kamis, 13 September 2018 | 18:55 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Yuni Wonda mengklaim pergantian 302 kepala kampung di kabupaten tersebut sudah sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku.

Hal ini dikatakan Yuni Wonda kepada wartawan, Kamis (13/9/2018) usai rapat koordinasi bersama Forkopimda Provinsi Papua, Bupati dan Wakil Bupati serta Forkopimda Kabupaten Puncak Jaya dan Kabupaten Pegunungan Bintang di kantor Majelis Rakyat Papua (MRP).

“Apa yang sudah saya lakukan sudah benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku, dimana para Kepala Kampung tersebut sudah harus diganti karena masa jabatannya telah usai,” klaimnya.

Kata Wonda, dirinya berpatokan pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa) dan Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (PP Desa).

“Kepala Kampung ini kan dipilih masyarakat kampung dan dilantik oleh Bupati, namun ketika masa kepemimpinan bupati terdahulu (Bupati Lukas Enembe yang kini menjabat sebagai Gubernur Papua) hanya sekali saja melantik para 302 kepala kampungm pada tahun 2010, dan hingga kini tidak ada pelantikan lagi. Padahal sesuai aturan ketika masa jabatan periode pertama (enam tahun) berakhir harus dipilih lagi dan dilantik lagi,” ujarnya.

Sejak masa jabatan enam tahun berakhir, Kata Bupati Yuni Wonda, bupati terdahulu tidak lagi melakukan pelantikan dan menurutnya ini sudah menyalahi aturan.

“Sudah 18 tahun para kepala kampung ini menjabat namun hanya sekali dilantik. Saya sebagai bupati terpilih melihat ini sudah salah. Saya ingin membenahi ini semua. Saya dan juga wakil bupati melihat mana yang potensial memimpin kampung, maka dia yang akan dilantik,” katanya.

Dikatakan bahwa 302 kepala kampung yang dilantiknya beberapa waktu lalu juga sudah melalui berbagai tahapan sesuai dengan amanah undang-undang, mulai dari pemilihan tingkat kampung yang dilakukan di tingkat kampung masing-masing.

“Saya ini hanya melantik, namun pemilihan dilakukan oleh masyarakat setempat. Kalau dikemudian hari ada persoalan, seharusnya ditilik lagi proses pemilihan di tingkat kampung tersebut,” ujarnya.

Terkait isu bahwa dirinya telah memindahkan kampung dari Distrik A ke Distrik B, Bupati Yuni Wonda mengatakan bahwa isu tersebut tidak benar dan tidak mendasar. “Itu tidak benar, memindahkan sebuah kampung itu ada aturannya, dan berproses hingga ke Kemendagri. Isu itu hanya dihembuskan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dan menginginkan Puncak Jaya selalu konflik,” katanya.

Di tempat yang sama Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan, pergantian kepala kampung adalah hak prerogatif bupati. “Itu haknya, karena dia yang bisa menilai kepala kampung ini layak atau tidak dengan tidak mengesampingkan proses pemilihan tingkat kampung. Dan saya rasa hal tersebut wajar-wajar saja,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Bawaslu Kota Jayapura diminta selesaikan sengkarut pelantikan Panwas Distrik

Selanjutnya

Ini tanggapan Lukas Enembe atas pernyataan Sandiaga Uno

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe