Facebook Twitter Google+ RSS RSS
Show/Hide

  1. Home
  2. Jayapura Membangun
  3. Festival Bahari Tanah Merah akan digelar November
  • Jumat, 14 September 2018 — 15:42
  • 794x views

Festival Bahari Tanah Merah akan digelar November

“Target kita, tanggal 19-21 November nanti semua masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini, secara khusus masyarakat di pesisir. Tetapi juga ada kunjungan dan wisatawan lokal, dari luar Papua, maupun mancanegara,” jelas Benyamin, saat ditemui di kantornya, Jumat (14/9/2018).
Tarian masyarakat adat pesisir yang ditampilkan pada Festival Bahari Tanah Merah tahun lalu -  Jubi/Engel Wally
Engelbert Wally
Editor : Dewi Wulandari
LipSus
Features |
Selasa, 18 September 2018 | 07:24 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 19:13 WP
Features |
Senin, 17 September 2018 | 18:26 WP
Features |
Kamis, 13 September 2018 | 18:55 WP

PERHATIAN!!!

Penggunaan sebagian atau seluruh materi dalam portal berita ini tanpa seijin redaksi tabloidjubi.com akan dilaporkan kepada pihak berwenang sebagai tindakan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang HAK CIPTA dan/atau UU RI Nomor 19 Tahun 2016 atas perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura mulai mensosialisasikan penyelenggaraan Festival Bahari Tanah Merah (FBTM) yang akan digelar di Kampung Entiyebo Tablanusu Distrik Depapre, 19-21 November mendatang.

Agenda pariwisata tahunan Pemkab Jayapura ini, selain Festival Danau Sentani, tahun ini memasuki penyelenggaraan yang keempat. Pertama kali FBTM digelar pada tahun 2014.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata Kabupaten Jayapura, Benyamin Yerisetouw, mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi ke sejumlah kepala kampung dan tokoh masyarakat di lima distrik daerah pesisir Kabupaten Jayapura.

Selain itu, kata Yerisetouw, terkait kegiatan FBTM IV, pihaknya telah berkoordinasi dengan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Target kita, tanggal 19-21 November nanti semua masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini, secara khusus masyarakat di pesisir. Tetapi juga ada kunjungan dan wisatawan lokal, dari luar Papua, maupun mancanegara,” jelas Benyamin, saat ditemui di kantornya, Jumat (14/9/2018).

Dikatakan, potensi wisata daerah pesisir sangat banyak dan belum terpublikasihkan secara luas oleh media. Misanya, di Distrik Depapre masih ada peninggalan bekas Perang Dunia II seperti tangki–tangki minyak yang digunakan pasukan Sekutu. Termasuk bekas tempat pendaratan Jenderal Mc Arthur dan masih banyak lag sisa–sisa lain.

“Dalam festival ini akan digelar pertunjukan budaya masyarakat pesisir yang hingga saat ini masih mempertahanakan nilai-nilai adat mereka. Termasuk di dalamnya benda-benda yang dianggap sakral, ceritera-ceritara hikayat kuno, dan nyanyian pujaan terhadap sesuatu yang dianggap lebih berkuasa di masa lampau,” katanya.

Ketua Kadin Kabupaten Jayapura, Hengky Yoku, mengatakan proses pengembangan dan peningkatan ekonomi masyarakat lokal sesungguhnya berada pada potensi lokal yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.

“Daerah ini memiliki sejumlah kegiatan yang sifatnya mengangkat sejarah budaya masyarakat. Ketika hal ini berlangsung dalam sebuah festival atau pagelaran maka ada nilai ekonomi melalui transaksi masyarakat dan para tamu atau juga pelancong yang datang menghadiri kegiatan tersebut. Hal ini sangat penting sehingga proses promosi dan informasi budaya dalam sebuah festival tidak hanya bersifat hura-hura tetapi juga menguntungkan dari sisi ekonomi bagi masyarakat lokal,” ujarnya. (*)

loading...

Sebelumnya

Kebutuhan konsumen terpenuhi bila pasar ditata baik

Selanjutnya

Kanwil Hukum dan  HAM Papua gelar penyuluhan hukum di Kelurahan Hinekombe

Komen Saya

Laporan Warga

Simak Juga

Terkini

Populer

Subscribe to our mailing list

* indicates required
Jl. Sakura Gg Jati I No A5, Perumnas II Waena Jayapura - Papua (99351)
Telp: 0967 - 574209
Fax : 0967 - 574216
Email : [email protected]

Copyright © 2013. All rights Reserved PT Jujur Bicara Papua

Search Engine Submission - AddMe